PERANCANGAN PENGENDALI TRACKING WAYPOINT PADA HEXACOPTER MENGGUNAKAN RAIN-FALL OPTIMIZATION ALGORITHM (RFO) UNTUK GERAK LATERAL

Achmadi, Bima Wahyu Aditya (2020) PERANCANGAN PENGENDALI TRACKING WAYPOINT PADA HEXACOPTER MENGGUNAKAN RAIN-FALL OPTIMIZATION ALGORITHM (RFO) UNTUK GERAK LATERAL. Bachelor thesis, Institu Teknologi Kalimantan.

[img]
Preview
Text
04161014_cover.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04161014_abstract_in.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04161014_chapter_1.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04161014_chapter_2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
04161014_chapter_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
04161014_chapter_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (860kB)
[img]
Preview
Text
04161014_bibliography.pdf

Download (410kB) | Preview

Abstract

Hexacopter merupakan multirotor dengan enam buah motor yang terpasang pada ujung masing-masing lengan. Sifat hexacopter yang dinamis menyebabkan proses pengendalian sangat sulit untuk dilakukan. Metode metaheuristic telah banyak ditemukan oleh para peneliti untuk mememecahkan masalah yang kompleks, nonlinear, dan memiliki semesta untuk solusi yang sangat luas. Pada penelitian ini digunakan salah satu metode metaheuristic yang terinspirasi dari alam yaitu Rain-Fall Optimzation Algorithm (RFO) sebagai pengendali hexacopter untuk melakukan tracking waypoint. RFO berperan sebagai pengendali tracking waypoint hexacopter dengan melakukan pencarian sudut perintah terbaik dengan cara menghasilkan sudut perintah sebanyak poulasi air hujan kemudian dilakukan evaluasi terhadap fungsi alih kecepatan hexacopter. Sudut terbaik yang didapatkan kemudian digunakan sebagai keluaran pengendali RFO terhadap sistem. Pemodelan fungsi alih sistem dilakukan dengan metode pemodelan matematis yaitu dengan mengambil dan mengolah data fisik wahana dan data gaya angkat motor pada wahana. Simulasi tracking waypoint menggunakan pengendali RFO pada gerak lateral dilakukan hanya menggunakan pergerakkan roll dan pitch hexacopter. Simulasi dilakukan pada dua jalur waypoint yang berbeda. Dari hasil pengujian, didapatkan bahwa performa terbaik RFO pada misi jalur pertama diperoleh dengan menggunakan variasi keempat dengan 7 populasi dan 19 iterasi dengan error rata-rata 0.3522 meter, dengan waktu tempuh 26.6692 detik, waktu koreksi 0.1374 detik dan kecepatan rata-rata 2.1716 m/s. Sedangkan pada misi jalur kedua diperoleh dengan menggunakan varasi kesepuluh dengan 19 populasi dan 7 iterasi menghasilkan error rata-rata 0.4823 meter, dengan waktu tempuh 33.6508 detik, waktu koreksi 0.1274 detik dan kecepatan rata-rata 2.5227 m/s.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Jurusan Teknologi Industri dan Proses > Teknik Elektro
Depositing User: Admin Perpustakaan ITK
Date Deposited: 16 Jun 2021 01:02
Last Modified: 16 Jun 2021 01:02
URI: http://repository.itk.ac.id/id/eprint/3830

Actions (login required)

View Item View Item