“ANALISIS PERBANDINGAN KONTROLER MENGGUNAKAN METODE DIRECT TORQUE CONTROL (DTC) DENGAN SINUSOIDAL PWM (SPWM) PADA PENGENDALIAN KECEPATAN MOTOR BRUSHLESS DC (BLDC)”

Faradila, Shintya (2020) “ANALISIS PERBANDINGAN KONTROLER MENGGUNAKAN METODE DIRECT TORQUE CONTROL (DTC) DENGAN SINUSOIDAL PWM (SPWM) PADA PENGENDALIAN KECEPATAN MOTOR BRUSHLESS DC (BLDC)”. Bachelor thesis, Institu Teknologi Kalimantan.

[img]
Preview
Text
04161069_cover.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
04161069_abstract_id.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
04161069_chapter_1.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
04161069_chapter_2.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text
04161069_chapter_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
04161069_chapter_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img]
Preview
Text
04161069_bibliography.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Motor BLDC sering kali digunakan pada bidang industri, robotika, dan otomotif. Hal itu dikarenakan BLDC memiliki umur pemakaian yang lama dan biaya perawatan yang rendah. Namun pada pengaplikasiannya, motor BLDC masih memiliki kekurangan yaitu tingkat kesulitan yang tinggi dalam mengendalikan variasi kecepatan sehingga diperlukan suatu metode pengendalian kecepatan motor. Salah satu metode pengendalian kecepatan motor yang mampu mengontrol torsi dan kecepatan pada motor BLDC adalah metode Direct Torque Control (DTC). Penerapan metode DTC dalam pengendalian kecepatan motor, digunakan beberapa penyaklaran salah satunya adalah SPWM. Selain itu juga terdapat kontroler yang dapat memperbaiki hasil respon motor, beberapa diantaranya adalah kontroler P, PI dan PID. Pada tugas akhir ini, akan dilakukan analisis perbandingan kontroler menggunakan metode DTC dengan SPWM pada pengendalian kecepatan motor BLDC dengan melihat arus stator maksimum, torsi pull-out yang dihasilkan dan waktu yang dibutuhkan sistem untuk mencapai kecepatan referensi yang diberikan (steady state). Setelah dilakukan analisis telah didapatkan hasil dari penilitian ini arus stator maksimum pada pengendalian dengan menggunakan kontroler PID memiliki nilai yang paling besar yaitu sebesar 50,47 Ampere pada fasa A; 13,51 Ampere pada fasa B dan 5,709 Ampere pada fasa C. Torsi pull-out pada kontroler PID memiliki nilai yang paling besar diantara pengendalian yang lainnya yaitu sebesar 31,14 N.m. Kecepatan pada pengendalian dengan kontroler PID lebih cepat mencapai kondisi steady state dibanding pengendalian lainnya yaitu sebesar 0,03 detik, selain itu error steady state pada pengendalian dengan kontroler PID juga memiliki nilai yang paling kecil yaitu sebesar 0,637%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Jurusan Teknologi Industri dan Proses > Teknik Elektro
Depositing User: Admin Perpustakaan ITK
Date Deposited: 25 Jun 2021 03:39
Last Modified: 25 Jun 2021 03:39
URI: http://repository.itk.ac.id/id/eprint/3897

Actions (login required)

View Item View Item