ANALISA BAHAYA DAN PENGENDALIAN RISIKO KECELAKAAN KERJA PADA PROYEK JEMBATAN PULAU BALANG II

Lestari, Nanda Putri (2020) ANALISA BAHAYA DAN PENGENDALIAN RISIKO KECELAKAAN KERJA PADA PROYEK JEMBATAN PULAU BALANG II. Bachelor thesis, Institu Teknologi Kalimantan.

[img]
Preview
Text
07151029_cover.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
0715102_bibliography.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07151029_chapter_1.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07151029_chapter_2.pdf

Download (732kB) | Preview
[img] Text
07151029_chapter_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (521kB)
[img] Text
0151029_chapter_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (787kB)
[img]
Preview
Text
0715102_bibliography.pdf

Download (295kB) | Preview

Abstract

Pembangunan jembatan termasuk pembangunan yang tidak mudah karena konstruksinya berlangsung di atas air dengan risiko terjadinya masalah sangat tinggi terutama pada keselamatan dan kesehatan kerja, salah satunya pada proyek pembangunan Jembatan Pulau Balang II. Keselamatan dan kesehatan kerja masih sering diabaikan oleh para pekerja konstruksi sehingga masih sering terjadi berbagai kecelakaan. Penelitian tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui jenis bahaya, level risiko dan pengendalian yang tepat pada proyek tersebut. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu HIRARC (Hazard Identification, Risk Assesment, and Risk Control) untuk mengidentifikasi bahaya dan melakukan pengendalian risiko kecelakaan kerja. Melakukan identifikasi dengan tiga ahli dan didapatkan dua puluh variabel bahaya dan potensi risiko yang ditimbulkan. Selanjutnya dilakukan perhitungan menggunakan Saverity Index (SI) dan didapatkan pada skala Impact terdapat bahaya tali sling putus dengan risiko pekerja tertimpa climbing form (9A) dengan SI 52,5% dan pada skala Probability terdapat bahaya terkena maneuver crane mem bawa material besi dengan risiko pekerja tertimpa material besi (1A) dengan SI 28,7%. Setelah dilakukan perhitungan didapatkan level risiko yaitu 18 variabel dengan kategori M-Risiko yang diberikan respon Transfer dengan cara memindahkan risiko, 2 variabel dengan kategori L-Risiko yang diberikan respon risiko Accept dengan cara risiko diterima. Adapun pengendalian yang diberika yaitu didasarkan atas 5 hirarki pengendalian diantaranya Eliminasi, Substitusi, Administrasi, Perancangan dan APD.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil
Depositing User: Admin Perpustakaan ITK
Date Deposited: 05 Jul 2021 03:28
Last Modified: 05 Jul 2021 03:28
URI: http://repository.itk.ac.id/id/eprint/3918

Actions (login required)

View Item View Item