ANALISIS PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP KAPASITAS JALAN PERKOTAAN BERDASARKAN SIMULASI MIKROSKOPIK

Sholikhah, Nurul Aprilia (2020) ANALISIS PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP KAPASITAS JALAN PERKOTAAN BERDASARKAN SIMULASI MIKROSKOPIK. Bachelor thesis, Institu Teknologi Kalimantan.

[img]
Preview
Text
07161065_cover.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07161065_abstract_id.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07161065_chapter_1.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07161065_chapter_2.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07161065_chapter_3.pdf

Download (243kB) | Preview
[img] Text
07161065_chapter_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (486kB)
[img] Text
07161065_chapter_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img]
Preview
Text
07161065_bibliography.pdf

Download (166kB) | Preview

Abstract

Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) merupakan panduan yang saat ini masih digunakan untuk analisis perencanaan, perancangan, dan operasi infrastruktur lalu lintas di Indonesia. Seiring berjalannya waktu semenjak disahkan pada tahun 1997 kini mulai ditemui permasalahan mengenai relevansi hasil analisis MKJI 1997 dengan kondisi lalu lintas di Indonesia saat ini. Perkembangan aktivitas serta komposisi kendaraan yang menimbulkan perubahan pola pergerakan yang berdampak pada kualitas lalu lintas. Peningkatan aktivitas sebagai hambatan samping berpotensi menimbulkan permasalahan untuk kelancaran lalu lintas yaitu kemacetan akibat pengurangan kapasitas jalan. secara nyata permasalahan ini ditunjukkan dari hasil analisis MKJI 1997 yang seringkali tidak sesuai dengan hasil aktual dilapangan. Dalam beberapa kasus perbedaan terjadi pada analisis kapasitas, kecepatan, dan panjang antrian. Perbedaan hasil analisis ini mengindikasi adanya perubahan nilai Ekivalensi Mobil Penumpang (EMP) dan parameter pengaruh analisis kinerja jalan dengan MKJI 1997. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis besar koefisien pengaruh hambatan samping terhadap kapasitas jalan perkotaan dengan metode simulasi untuk tipe jalan 4/2D. Lalu, karakteristik jalan yang terbentuk dan perbandingan hasil yang diperoleh berdasarkan analisis MKJI 1997 dan metode simulasi mikroskopik. Hasil perbandingan menunjukkan galat sebesar 38.3% meningkat hingga 80.95%, semakin tinggi hambatan samping maka galat yang diperoleh semakin tinggi. Koefisien hasil simulasi diperoleh pada dua kondisi yaitu untuk kondisi hambatan samping saling bersinggungan, dan kondisi hambatan samping tidak saling bersinggungan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil
Depositing User: Admin Perpustakaan ITK
Date Deposited: 05 Jul 2021 07:11
Last Modified: 05 Jul 2021 07:11
URI: http://repository.itk.ac.id/id/eprint/3928

Actions (login required)

View Item View Item