Analisis Penerimaaan NUADU sebagai Platform E-Learning dengan Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM)

Parastika, Anggi (2021) Analisis Penerimaaan NUADU sebagai Platform E-Learning dengan Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.

[img] Text
10171007_abstract_en.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB) | Request a copy
[img] Text
10171007_abstract_id.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB) | Request a copy
[img] Text
10171007_approval_sheet.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
10171007_bibliography.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10171007_chapter_1.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10171007_chapter_2.pdf

Download (297kB) | Preview
[img] Text
10171007_chapter_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
10171007_chapter_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text
10171007_conclusions.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
10171007_cover.pdf

Download (20kB) | Preview
[img] Text
10171007_enclosure_a.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text
10171007_enclosure_b.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (410kB) | Request a copy
[img] Text
10171007_enclosure_c.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB) | Request a copy
[img] Text
10171007_enclosure_d.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB) | Request a copy
[img] Text
10171007_Formulir Publikasi Artikel Ilmiah Mandiri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB) | Request a copy
[img] Text
10171007_illustrations.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB) | Request a copy
[img] Text
10171007_notations.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB) | Request a copy
[img] Text
10171007_paper.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text
10171007_preface.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB) | Request a copy
[img] Text
10171007_presentation.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (922kB) | Request a copy
[img] Text
10171007_publishing_agreement.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB) | Request a copy
[img] Text
10171007_statement_of_authenticity.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
10171007_tables.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB) | Request a copy
[img] Text
10171007_table_of_content.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB) | Request a copy

Abstract

Pandemi COVID–19 mempengaruhi hampir seluruh aspek kehidupan masyarakat, termasuk sektor Pendidikan. Lembaga Pendidikan Integral Luqman Al–Hakim Balikpapan adalah salah satu sekolah yang baru menerapkan platform NUADU untuk mendukung pembelajaran di masa pandemi. Namun penerapan sistem baru pada sekolah bisa sangat kompleks dan merepotkan bagi pengguna. Pada awal penerapan NUADU, pengguna diketahui jarang mengakses platform tersebut. Berdasarkan permasalahan tersebut, dibutuhkan penelitian analisis penerimaan NUADU sebagai Platform E–Learning dengan Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) pada sekolah. Penelitian bertujuan untuk mengukur dan menilai seberapa baik pemanfaatan dan penggunaan NUADU berdasarkan faktor–faktor yang berpengaruh terhadap penerimaanya. Penelitian dimulai dari tahap desain yang meliputi desain model konseptual dan desain kuesioner. Kemudian dilanjutkan ke tahap implementasi yang meliputi pengumpulan data, analisis deskriptif, pengujian data kuesioner dan pengujian model konseptual. Terakhir dilakukan tahap hasil dan pembahasan yang meliputi analisis interpretasi pengujian hipotesis dan pemberian rekomendasi. Hasil dan rekomendasi yang dihasilkan oleh penelitian dapat meningkatkan penggunaan dan manfaat dari implementasi NUADU pada Lembaga Pendidikan Integral Luqman Al-Hakim Balikpapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerimaan NUADU oleh pengguna dipengaruhi oleh faktor kondisi fasilitas dan persepsi kemudahan penggunaan yang berpengaruh signifikan terhadap faktor persepsi kebermanfaatan. Lalu faktor persepsi kebermanfaatan berpengaruh signifikan terhadap faktor sikap penggunaan. Kemudian faktor sikap penggunaan berpengaruh signifikan terhadap faktor niat dan perilaku penggunaan. Terakhir, faktor niat dan perilaku penggunaan berpengaruh signifikan terhadap penggunaan aktual. Adapun rekomendasi yang diberikan berdasarkan aspek yang perlu dibenahi guna meningkatkan penerimaan NUADU adalah membangun kepercayaan pengguna bahwa sistem akan tersedia saat dibutuhkan dengan mengurangi down times dan meningkatkan akses kecepatan internet yang wajar, sehingga menjaga ketersediaan situs e-learning 24/7, mengadakan pelatihan x intensif bagi guru melalui perwakilan dari sekolah yang telah dilatih oleh tim NUADU, sosialisasi informasi secara berkala kepada pengguna mengenai perubahan atau kurangnya fungsi NUADU, menambahkan fungsi NUADU berdasarkan kebutuhan pengguna dalam proses pembelajaran, meningkatkan intensitas penggunaan NUADU, memperkuat kesadaran pengguna dengan mempublikasikan panduan penggunaan dan jenis layanan baru dari NUADU melalui berbagai saluran/media, dan meningkatkan paket internet sekolah (kecepatan dan bandwith).

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Matematika dan Teknologi Informasi > Sistem Informasi
Depositing User: Users 377 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2021 05:45
Last Modified: 02 Aug 2021 05:42
URI: http://repository.itk.ac.id/id/eprint/4048

Actions (login required)

View Item View Item