Analisis Pengaruh Variasi Sudut Head Tube Rangka Sepeda Terhadap Safety Factor Dengan Pengujian Statis (Falling Mass) Menggunakan Metode Finite Element Analysis (FEA)

David Gabriel, David (2021) Analisis Pengaruh Variasi Sudut Head Tube Rangka Sepeda Terhadap Safety Factor Dengan Pengujian Statis (Falling Mass) Menggunakan Metode Finite Element Analysis (FEA). Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.

[img] Text
1. 03171017_abstract_en.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (663kB) | Request a copy
[img] Text
2. 03171017_abstract_id.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (665kB) | Request a copy
[img] Text
3. 03171017 _approval_sheet.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (547kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
4. 03171017_bibliography.pdf.pdf

Download (816kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 03171017_chapter_1.pdf.pdf

Download (945kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 03171017_chapter_2.pdf.pdf

Download (379kB) | Preview
[img] Text
7. 03171017_chapter_3.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text
8. 03171017_chapter_4.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (723kB) | Request a copy
[img] Text
9. 03171017_conclusions.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (932kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
10. 03171017_cover.pdf.pdf

Download (406kB) | Preview
[img] Text
11. 03171017_enclosure.pdf-compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (737kB) | Request a copy
[img] Text
12. 03171017_form20.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text
13. 03171017_illustrations.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (929kB) | Request a copy
[img] Text
14. 03171017_notations.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB) | Request a copy
[img] Text
15. 03171017_paper.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (889kB) | Request a copy
[img] Text
16. 03171017_preface.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text
17. 03171017_presentation.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (873kB) | Request a copy
[img] Text
18. 03171017_publishing_agreement.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (818kB) | Request a copy
[img] Text
19. 03171017_statement_of_authenticity.pdf-converted.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB) | Request a copy
[img] Text
20. 03171017_tables.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text
21. 03171017_table_of_content.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB) | Request a copy

Abstract

Ukuran desain rangka sepeda dapat mempengaruhi kenyamanan dan kelincahan pada rangka ketika digunakan. Sepeda harus memiliki kenyamanan yang baik sesuai dengan kebutuhannya, perubahan sudut akan mempengaruhi performa. Ketika mengubah sudut pada head tube penting untuk menegtahui nilai keamanan pada rangka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh varasi sudut head tube terhadap nilai tegangan, displacement, dan safety factor pada rangka. Pengujian pada penelitian ini menggunakan simulasi pada Computer Simulation dengan metode Finite Element Analysis (FEA). Setelah dilakukan simulasi pada rangka sepeda dengan sudut 73⁰, 73,5⁰, 74⁰, 74,5⁰, 75⁰ terhadap nilai tegangan, displacement, dan safety factor. Nilai pada sudut head tube 73⁰ menghasilkan tegangan, displacement, dan safety factor adalah 70,758 N/mm2, 3,441 mm, 0,777. Nilai pada sudut head tube 73,5⁰ menghasilkan tegangan, displacement, dan safety factor adalah 71,085 N/mm2, 3,467 mm, 0,774. Nilai pada sudut head tube 74⁰ menghasilkan tegangan, displacement, dan safety factor adalah 72,409 N/mm2, 3,493 mm, 0,76. Nilai pada sudut head tube 74,5⁰ menghasilkan tegangan, displacement, dan safety factor adalah 73,448 N/mm2, 3,519 mm, 0,749. Nilai pada sudut head tube 75⁰ menghasilkan tegangan, displacement, dan safety factor adalah 74,02 N/mm2, 3,544 mm, 0,743. Pada nilai tegangan dan displacement, nilai terkecil adalah sudut 73⁰ dan nilai terbesar adalah sudut 75⁰. Sebaliknya, nilai safety factor menurun ketika nilai sudut bertambah, nilai safety factor tertinggi terdapat pada sudut 73⁰ dan nilai safety factor terendah terdapat pada sudut 75⁰. Dari hasil data yang telah diperoleh, dapat disimpulkan bahwa perubahan nilai sudut head tube dapat mempengaruhi nilai tegangan, displacement, dan safety factor.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Jurusan Teknologi Industri dan Proses > Teknik Mesin
Depositing User: David Gabriel
Date Deposited: 30 Jul 2021 07:36
Last Modified: 02 Aug 2021 02:51
URI: http://repository.itk.ac.id/id/eprint/4194

Actions (login required)

View Item View Item