Tyan, Anggrah Aditya Putra (2021) Perancangan dan Analisis Pengaturan Kecepatan Dual Motor DC dengan Kontrol Proporsional Integral Derivatif (PID). Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.
Text
04171073_enclosure.pdf Restricted to Repository staff only Download (593kB) | Request a copy |
||
Text
04171073_presentation.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
||
Text
04171073_abstract_en.pdf Restricted to Repository staff only Download (152kB) | Request a copy |
||
Text
04171073_abstract_id.pdf Restricted to Repository staff only Download (154kB) | Request a copy |
||
Text
04171073_approval_sheet.pdf Restricted to Repository staff only Download (534kB) | Request a copy |
||
|
Text
04171073_bibliography.pdf Download (391kB) | Preview |
|
|
Text
04171073_chapter_1.pdf Download (773kB) | Preview |
|
|
Text
04171073_chapter_2.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
04171073_cover.pdf Download (67kB) | Preview |
|
Text
04171073_chapter_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text
04171073_chapter_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
||
Text
04171073_form020.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) | Request a copy |
||
Text
04171073_illustrations.pdf Restricted to Repository staff only Download (293kB) | Request a copy |
||
Text
04171073_paper.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
04171073_preface.pdf Restricted to Repository staff only Download (299kB) | Request a copy |
||
Text
04171073_publishing_agreement.pdf Restricted to Repository staff only Download (195kB) | Request a copy |
||
Text
04171073_statement_of_authencity.pdf Restricted to Repository staff only Download (247kB) | Request a copy |
||
Text
04171073_tables.pdf Restricted to Repository staff only Download (166kB) | Request a copy |
||
Text
04171073_table_of_content.pdf Restricted to Repository staff only Download (546kB) | Request a copy |
||
Text
04171073_conclusions.pdf Restricted to Repository staff only Download (371kB) | Request a copy |
Abstract
Dalam penelitian pengaturan kecepatan dual motor DC dengan menggunakan kendali PID. Tujuan pengerjaan tugas akhir ini adalah untuk mendesain kendali dual motor dengan menggunakan kontrol PID, untuk mengetahui respon kecepatan, untuk mengetahui koneksi terbaik untuk rangkaian dual motor. Variabel yang digunakan antara lain parameter parameter motor dan parameter PID itu sendiri. Telah dilakukan pula pada penelitian terdahulu, kendali kecepatan dual motor DC berbasis PID, penelitian tersebut membahas cara mengendalikan kecepatan motor DC agar bernilai stabil dengan adanya gangguan yang ada. Pada beberapa penelitian terdahulu belum ada yang membahas mengenai kendali dual motor. Oleh karena itu, pada tugas akhir ini dilakukan pembahasan mengenai desain kendali dual motor dengan menggunakan PID. Kendali PID dengan tuning matematis dapat memperbaiki respon sistem. Rise time yang dihasilkan oleh sistem dual motor DC koneksi seri menggunakan kendali PID tuning matematis sebesar 7.979 detik sedangkan pada sistem dual motor DC koneksi paralel sebesar 7.921 detik. Settling time yang dihasilkan oleh sistem dual motor DC koneksi seri dengan menggunakan kendali PID tuning matematis sebesar 3.478 detik sedangkan pada sistem dual motor DC koneksi paralel sebesar 3.517 detik. Error steady state yang dihasilkan oleh kedua sistem yaitu mendekati 0%. Overshoot yang dihasilkan oleh sistem dual motor DC koneksi seri maupun koneksi paralel menggunakan kendali PID tuning matematis sebesar 0% . Dapat disimpulkan pula koneksi terbaik dalam penelitian ini adalah dual motor dengan koneksi paralel.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Jurusan Teknologi Industri dan Proses > Teknik Elektro |
Depositing User: | Tyan Anggrah Aditya Putra |
Date Deposited: | 02 Aug 2021 08:57 |
Last Modified: | 02 Aug 2021 08:57 |
URI: | http://repository.itk.ac.id/id/eprint/4299 |
Actions (login required)
View Item |