PERENCANAAN PENGEMBANGAN TERMINAL PETI KEMAS (STUDI KASUS: PT. KALTIM KARIANGAU TERMINAL)

Laisa, Muhammad Ilham (2019) PERENCANAAN PENGEMBANGAN TERMINAL PETI KEMAS (STUDI KASUS: PT. KALTIM KARIANGAU TERMINAL). Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.

[img]
Preview
Text
09151025_Abstract_id.pdf

Download (29kB) | Preview
[img] Text
09151025_Chapter_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] Text
09151025_Chapter_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (713kB)
[img] Text
09151025_Chapter_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] Text
09151025_Chapter_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (607kB)
[img] Text
09151025_Chapter_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)

Abstract

Pelabuhan PT. Kaltim Kariangau Terminal adalah pelabuhan yang memiliki tingkat mobilisasi bongkar muat tertinggi kedua dari pelabuhan utama di Indonesia. Tercatat dari data statistik, pada tahun 2010 terdapat arus bongkar muat 95.102 TEUs dan pada tahun 2014 terdapat 183.899 TEUs, kemudian di tahun 2019 diproyeksikan mengalami peningkatan yang signifikan sebesar 90% menjadi 354.079 TEUs. Sedangkan kapasitas lapangan penumpukan PT. Kaltim Kariangau Terminal hanya mampu menampung 300.000 TEUs per tahunnya. Hal Ini menunjukkan bahwa perlu dilakukan analisa pengembangan pelabuhan di PT. Kaltim Kariangau Terminal dengan meninjau kondisi kapasitas infrastruktur pelabuhan, dan kemampuan pelayanan kegiatan bongkar muat pada kondisi eksisting dan kondisi di masa yang akan datang dengan menggunakan metode regresi linear serta merancang layout pelabuhan pada tahun 2030. Berdasarkan hasil analisa regresi linear pada tahun 2030 kapasitas infrastuktur naik cukup signifikan, diantaranya arus bongkar muat dan kunjungan kapal PT. Kaltim Kariangau Terminal mengalami kenaikan masing-masing sebesar 477.746 TEUs dan 1066 units kapal. Tingkat pemakaian dermaga pada tahun yang sama menjadi sebanyak 3 tambatan atau naik sebesar 72% dengan panjang dermaga menjadi 394 m. Selain itu lapangan penumpukan membutuhkan perluasan hingga 9.51 Hektar untuk menampung peti kemas sebesar 477.746 TEUs, sedangkan luas inland container depot diprediksi mampu memuat arus peti kemas hingga tahun 2030. Adapun fasilitas peralatan yang butuh penambahan diantaranya container crane 2 unit, dan reach stacker 1 unit.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Jurusan Sains, Teknologi Pangan, dan Kemaritiman > Teknik Perkapalan
Depositing User: Admin Perpustakaan ITK
Date Deposited: 21 Oct 2019 09:59
Last Modified: 07 Sep 2021 03:22
URI: http://repository.itk.ac.id/id/eprint/54

Actions (login required)

View Item View Item