OPTIMASI DESAIN RANGKA MOBIL RODA TIGA UNTUK MENGURANGI KONSENTRASI TEGANGAN PADA BAGIAN CENTER FRAME

Qorimah, Siti Alif (2019) OPTIMASI DESAIN RANGKA MOBIL RODA TIGA UNTUK MENGURANGI KONSENTRASI TEGANGAN PADA BAGIAN CENTER FRAME. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.

[img]
Preview
Text
06151040_cover.pdf.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06151040_abstract_id.pdf.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
06151040_chapter_1.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
06151040_chapter_2.pdf .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Mobil roda tiga merupakan jenis kendaraan dengan konsep gabungan antara mobil dengan sepeda motor, mobil ini memiliki ukuran serta kapasitas yang lebih kecil dibandingkan dengan mobil pada umumnya namun, lebih ringan serta memiliki bodi yang lebih modern. Dalam pembuatan mobil roda tiga diperlukan desain rangka yang mampu menopang semua beban yang terdapat pada kendaraan seperti beban penumpang, mesin, sistem kemudi serta peralatan kenyamanan yang terdapat pada kendaraan. Oleh sebab itu rangka harus dapat dipastikan mampu menahan beban yang umumnya berupa beban statis dan dapat memberikan dukungan pada berbagai komponen kendaraan. Pada pengaplikasiannya desain rangka harus memiliki keamanan yang tinggi pada semua sisi oleh karena itu pada penelitian ini dilakukan optimalisasi desain rangka mobil roda tiga untuk mengurangi adanya konsentrasi tegangan pada bagian center frame dengan menggunakan variasi berupa bentuk profil serta ketebalan profil. Profil yang digunakan merupakan profil hollow dengan bentuk berupa cylinder, oval, square dan rectangular, dimana masing masing profil memiliki 3 ketebalan yang berbeda yaitu 1 mm, 1,5 mm dan 2 mm. Penelitian ini menggunakan Autodeks Inventor 2016 sebagai software untuk simulasi. Hasil simulasi defleksi menunjukkan bahwa profil hollow square merupakan bentuk profil terbaik dengan nilai rata rata γ sebesar 16,93 MPa/kg. Sedangkan desain paling optimal dimiliki oleh profil hollow square dengan ketebalan 2 mm memiliki nilai tegangan maksimal sebesar 263,8 MPa, defleksi sebesar 2,874 mm, massa kendaraan sebesar 58,280 kg serta nilai faktor keamanan tegangan sebesar 6,029 dan faktor keamanan defleksi sebesar 1,12.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Jurusan Ilmu Kebumian dan Lingkungan > Teknik Material dan Metalurgi
Depositing User: Admin Perpustakaan ITK
Date Deposited: 22 Oct 2019 02:09
Last Modified: 15 Dec 2021 08:51
URI: http://repository.itk.ac.id/id/eprint/75

Actions (login required)

View Item View Item