ARAHAN OPTIMALISASI FASILITAS GEDUNG PARKIR KLANDASAN BALIKPAPAN BERDASARKAN PERSEPSI MASYARAKAT

Insani, Maghfirah Risdha (2019) ARAHAN OPTIMALISASI FASILITAS GEDUNG PARKIR KLANDASAN BALIKPAPAN BERDASARKAN PERSEPSI MASYARAKAT. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.

[img]
Preview
Text
08151018_cover.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08151018_abstract_id.pdf

Download (149kB) | Preview
[img] Text
08151018_chapter_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
08151018_chapter_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
08151018_chapter_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
08151018_chapter_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Jalan Jendral Sudirman merupakan jalan arteri primer yang menghubungkan berbagai pusat kegiatan di Kota Balikpapan dan didominasi oleh kawasan perdagangan jasa dan perkantoran. Kondisi tersebut membuat banyaknya pergerakan dan membutuhkan adanya tempat parkir agar mencegah parkir di badan jalan. Untuk mengantisipasinya, Pemerintah Daerah Kota Balikpapan membangun Gedung Parkir Klandasan guna mewujudkan kawasan tertib lalu lintas di jalan Jendral Sudirman. Namun hingga sekarang fasilitas tersebut kurang dimanfaatkan oleh masyarakat. Hal ini terlihat dari hasil identifikasi karakteristik parkir, dimana diperoleh nilai pergantian parkir yang kurang dari 1 kendaraan/jam/SRP dan nilai indeks parkir yang sangat rendah yaitu hanya 15% dari total kapasitas parkir yang tersedia. Oleh sebab itu, diperlukan arahan optimalisasi fasilitas tersebut sebagai tujuan penelitian, dengan menggunakan dua metode analisis yaitu analisis kondisi gedung parkir berdasarkan persepsi pengguna gedung parkir, serta analisis karakteristik pemilihan tempat parkir beradasarkan persepsi masyarakat yang berpotensi menggunakan fasilitas gedung parkir Klandasan dengan menggunakan metode Stated Preference. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa kondisi gedung parkir yang perlu dioptimalkan dan merupakan pertimbangan dalam memilih tempat parkir berdasarkan persepsi masyarakat, yaitu jarak ke lokasi, ukuran ramp untuk kendaraan roda empat, ketinggian lantai, dan tarif parkir. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat dirumuskan arahan dengan menggunakan metode analisis triangulasi, yang mempertimbangkan kedua hasil analisis dan kondisi eksisting. Adapun arahan optimalisasi yang dapat diterapkan seperti menyusul jadwal berangkat shuttle car untuk memudahkan masyarakat menuju lokasi tujuan, menerapkan sistem tarif berlangganan, menyediakan petugas untuk membantu pengemudi memarkirkan kendaraan, serta melakukan evaluasi detail engineering design sebagai arahan untuk mengoptimalkan faktor ukuran kondisi fisik gedung, seperti melebarkan ukuran ramp.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > Perencanaan Wilayah dan Kota
Depositing User: Admin Perpustakaan ITK
Date Deposited: 14 Nov 2019 03:12
Last Modified: 16 Nov 2021 07:37
URI: http://repository.itk.ac.id/id/eprint/171

Actions (login required)

View Item View Item