Dirgantara, Muhammad Mekel (2021) Analisis tegangan dan regangan dengan memvariasikan jarak longitudinal inner bottom pada kapal container dengan metode elemen hingga. Bachelor thesis, Institut Teknlogi Kalimantan.
Text
09171050_abstract_en.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) | Request a copy |
||
Text
09171050_abstract_id.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) | Request a copy |
||
Text
09171050_approval_sheet.pdf Restricted to Repository staff only Download (154kB) | Request a copy |
||
|
Text
09171050_bibliography.pdf Download (73kB) | Preview |
|
|
Text
09171050_chapter_1.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
09171050_chapter_2.pdf Download (280kB) | Preview |
|
Text
09171050_chapter_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) | Request a copy |
||
Text
09171050_chapter_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text
09171050_conclusions.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) | Request a copy |
||
|
Text
09171050_cover.pdf Download (18kB) | Preview |
|
Text
09171050_enclosure.pdf Restricted to Repository staff only Download (255kB) | Request a copy |
||
Text
09171050_form020.pdf Restricted to Repository staff only Download (113kB) | Request a copy |
||
Text
09171050_Illustrations.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) | Request a copy |
||
Text
09171050_notations.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) | Request a copy |
||
Text
09171050_paper.pdf Restricted to Repository staff only Download (326kB) | Request a copy |
||
Text
09171050_preface.pdf Restricted to Repository staff only Download (104kB) | Request a copy |
||
Text
09171050_presentation.pdf Restricted to Repository staff only Download (698kB) | Request a copy |
||
Text
09171050_publishing_agreement.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) | Request a copy |
||
Text
09171050_statement_of_authenticity.pdf Restricted to Repository staff only Download (145kB) | Request a copy |
||
Text
09171050_tables.pdf Restricted to Repository staff only Download (80kB) | Request a copy |
||
Text
09171050_table_of_content.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK Container ship ataupun kapal kontainer merupakan kapal yang khusus dibangun untuk mengangkut peti kemas yang berukuran standar. Kapal tersebut berlayar pada rute tertentu secara rutin serta melakukan pemuatan peti kemas secara berulang. Dalam hal ini tegangan regangan menjadi sangat penting dari kekuatan kapal, Adapun yang mempengaruhi kekuatan konstruksi yaitu salah satu diantaranya adalah jarak longitudinal inner bottom. Perhitungan kekuatan pada konstruksi inner bottom container sangat diperhitungkan mengingat beban yang diterima oleh inner bottom container relatif lebih besar. Pada penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tegangan regangan maksimum kapal dengan variasi jarak longitudinal inner bottom 525 mm, 575 mm, 625 mm, 675 mm, dan 725 mm menggunakan metode elemen hingga. Hasil pada penelitian ini yaitu pada variasi jarak longitudinal inner bottom 525 mm Tegangan maksimum yang didapatkan yaitu lokal 364.59 ????/????????2 , hogging 359.10 ????/????????2 dan sagging 359.48 ????/????????2 dan regangan maksimum yang didapatkan yaitu lokal 1.68 x 10−3 , hogging 6.01 x 10−4 dan sagging 6.44 x 10−4 , pada variasi jarak longitudinal inner bottom 575 mm Tegangan maksimum yang didapatkan yaitu lokal 382.958 ????/????????2 , hogging 358.53 ????/????????2 dan sagging 357.43 ????/????????2 dan regangan maksimum yang didapatkan yaitu lokal 1.71 x 10−3 , hogging 5.81 x 10−4 dan sagging 6.32 x 10 10−4 , pada variasi jarak longitudinal inner bottom 625 mm Tegangan maksimum yang didapatkan yaitu lokal 394.14 ????/????????2 , hogging 360.11 ????/????????2 dan sagging 357,19 ????/????????2 dan regangan maksimum yang didapatkan yaitu lokal 1.72 x 10−3 , hogging 6.11 x 10−4 dan sagging 6.38 x 10−4 , pada variasi jarak longitudinal inner bottom 675 mm Tegangan maksimum yang didapatkan yaitu lokal 417.45 ????/????????2 hogging 359.83 ????/????????2 dan sagging 357.99 ????/????????2 dan regangan maksimum yang didapatkan yaitu lokal 1.76 x 10−3 , hogging 6.26 x 10−4 dan sagging 6.48 x 10−4 , pada variasi jarak longitudinal inner bottom 725 mm Tegangan maksimum yang didapatkan yaitu lokal 445.31 ????/????????2 , hogging 360.01 ????/????????2 dan sagging 361.51 ????/????????2 dan regangan maksimum yang didapatkan yaitu adalah lokal 2.78 x 10−3 , hogging 6.33 x 10−4 dan sagging 6.59 x 10−4 , Nilai tegangan regangan semakin mengalami kenaikan diikutisemakin jauh jarak longitudinal inner bottom, dan nilai tegangan regangan tertinggi yaitu pada variasi jarak longitudinal inner bottom 725 mm. Kata Kunci : elemen hingga, tegangan, regangan, container, longitudinal inner bottom
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | V Naval Science > V Naval Science (General) V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering |
Divisions: | Jurusan Sains, Teknologi Pangan, dan Kemaritiman > Teknik Perkapalan |
Depositing User: | Muhammad Mekel Dirgantara |
Date Deposited: | 04 Aug 2021 07:49 |
Last Modified: | 04 Aug 2021 07:49 |
URI: | http://repository.itk.ac.id/id/eprint/17559 |
Actions (login required)
View Item |