ANALISIS PENGARUH STABILITAS KAPAL DAN OLAH GERAK KAPAL TERHADAP DESAIN BILGE KEEL

Syamtah, Randy Ramadhan (2021) ANALISIS PENGARUH STABILITAS KAPAL DAN OLAH GERAK KAPAL TERHADAP DESAIN BILGE KEEL. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.

[img] Text
09161062_cover.pdf

Download (18kB)
[img] Text
09161062_abstract_en.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB) | Request a copy
[img] Text
09161062_abstract_id.pdf

Download (74kB)
[img] Text
09161062_chapter_1.pdf

Download (76kB)
[img] Text
09161062_chapter_2.pdf

Download (225kB)
[img] Text
09161062_chapter_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB) | Request a copy
[img] Text
09161062_chapter_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
09161062_conclusions.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[img] Text
09161062_bibliography.pdf

Download (72kB)
[img] Text
09161062_paper.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB) | Request a copy
[img] Text
09161062_form020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB) | Request a copy

Abstract

Dalam mendesain sebuah kapal, banyak hal yang harus diperhitungkan dan di analisa salah satunya adalah analisa stabilitas kapal dan olah gerak kapal. Dalam penelitian ini, dilakukan analisisis stabilitas kapal dan olah gerak kapal pada kapal ferry roro tanpa bilge keel dan dengan bilge keel yang ukurannya bervariasi, dengan tiga kondisi pemuatan. Untuk analisa stabillitas pada pemuatan 0% DWT nilai GZ tertinggi pada kapal dengan bilge keel ½ L kapal yaitu 2,07 m, serta nilai GM awal yaitu 6,469 m. Untuk 50% DWT, nilai GZ tertinggi pada kapal dengan bilge keel ½ L kapal yaitu 1,89 m, serta nilai GM awal yaitu 5,717 m. Untuk 100% DWT, nilai GZ tertinggi pada model kapal dengan bilge keel ½ L kapal yaitu 1,881 m, serta nilai GM awal yaitu 5,115 m. Untuk analisa olah gerak kapal, pada kondisi 0% DWT pitch motion tertinggi pada kapal dengan bilge keel ½ L kapal yaitu 0,176° di heading 0°, heave motion tertinggi pada kapal dengan bilge keel ½ L kapal yaitu 0,027 m di heading 0°, dan nilai roll motion tertinggi pada kapal tanpa bilge keel yaitu 4,16° pada heading 90°. Pada kondisi 50% DWT nilai pitch motion tertinggi pada kapal tanpa bilge keel yaitu 0,165° di heading 0°, heave motion tertinggi pada kapal tanpa bilge keel yaitu 0,022 m di heading 0°, dan nilai roll motion tertinggi pada kapal tanpa bilge keel yaitu 4,124° pada sudut 90°. Pada kondisi 100% DWT nilai pitch motion tertinggi pada kapal tanpa bilge keel yaitu 0,145° di heading 0°, heave motion tertinggi pada kapal dengan bilge keel ½ L kapal yaitu 0,029 m di heading 0°, dan nilai roll motion tertinggi pada kapal dengan bilge keel 1/3 L kapal yaitu 4,079 ° pada heading 90°.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Sains, Teknologi Pangan, dan Kemaritiman > Teknik Perkapalan
Depositing User: Admin Perpustakaan ITK
Date Deposited: 19 May 2022 01:23
Last Modified: 19 May 2022 01:23
URI: http://repository.itk.ac.id/id/eprint/17890

Actions (login required)

View Item View Item