Analisis Strategi Pemasaran Kerupuk Dengan Metode SWOT dan AHP (Analytical Hierarchy Process) Pada UD. Dua Putra - Jurnal Integrasi Sistem Industri (JISI)

Jalil, Muhammad Revansa (2022) Analisis Strategi Pemasaran Kerupuk Dengan Metode SWOT dan AHP (Analytical Hierarchy Process) Pada UD. Dua Putra - Jurnal Integrasi Sistem Industri (JISI). Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.

This is the latest version of this item.

[img] Text
12181042_Cover.pdf

Download (280kB)
[img] Text
12181042_Abstract_en.pdf
Restricted to Registered users only until 1 October 2023.

Download (364kB) | Request a copy
[img] Text
12181042_Abstract_id.pdf

Download (366kB)
[img] Text
12181042_Chapter_1.pdf
Restricted to Registered users only until 1 October 2023.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
12181042_Chapter_2.pdf
Restricted to Registered users only until 1 October 2023.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
12181042_Chapter_3.pdf
Restricted to Registered users only until 1 October 2023.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
12181042_Chapter_4.pdf
Restricted to Registered users only until 1 October 2023.

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
12181042_Conclusions.pdf
Restricted to Registered users only until 1 October 2023.

Download (524kB) | Request a copy
[img] Text
12181042_Bibliography.pdf
Restricted to Registered users only until 1 October 2023.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
12181042_Lembar Persetujuan Publikasi Form. TA-020.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (401kB) | Request a copy

Abstract

Persaingan antar UMKM menjadi sangat ketat dengan UMKM lainnya, dikarenakan perkembangan ekonomi yang sangat cepat sehingga hal ini menuntut perusahaan untuk bertindak aktif dan kreatif untuk menyusun strategi pemasaran. Salah satu UMKM yang memiliki potensi untuk dikembangkan yaitu UMKM UD. Dua Putra. Persaingan yang semakin ketat menuntuk UMKM untuk memperkuat usahanya agar pelaku usaha dapat bersaing dengan usaha lainnya. Ketika pelaku usaha tidak dapat bersaing akan mengakibatkan penurunan volume penjualan sehingga usaha mengalami kebangkrutan. Hal itu bertujuan agar perusahaan mampu bertahan dan bersaing dengan perusahaan lainnya. Karena permasalah tersebut, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui faktor internal dan faktor eksternal perusahaan yang mempengaruhi pemasaran serta untuk mengetahui strategi pemasaran apa yang sesuai untuk memasarkan kerupuk di UD. Dua Putra. Adapun metode yang digunakan yaitu metode SWOT digunakan untuk mengetahui faktor internal dan eksternal perusahaan dan untuk merumuskan strategi pemasaran yang sesuai untuk UD. Dua Putra. Setelah strategi dapat dihasilkan, maka pemilik usaha dan karyawan pemasaran merupakan pelaku utama dalam memasarkan produk kerupuk diminta untuk memilih strategi apa yang mereka inginkan dengan cara metode AHP menggunakan Software Expert Choice. Dari hasil pengolahan data didapatkan faktor internal terdiri dari lima kekuatan dan lima kelemahan serta faktor eksternal terdiri dari empat peluang dan lima ancaman. Untuk alternatif strategi yang diusulkan ada sembilan strategi dan didapatkan prioritas strategi yang baik dan dipilih adalah strategi peningkatan kerjasama dengan pelanggan tetap dan konsumen baru dengan bobot gabungan sebesar 0.322.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Jurusan Teknologi Industri dan Proses > Teknik Industri
Depositing User: Muhammad Revansa Jalil
Date Deposited: 19 Jul 2022 03:31
Last Modified: 19 Jul 2022 03:31
URI: http://repository.itk.ac.id/id/eprint/18655

Available Versions of this Item

  • Analisis Strategi Pemasaran Kerupuk Dengan Metode SWOT dan AHP (Analytical Hierarchy Process) Pada UD. Dua Putra - Jurnal Integrasi Sistem Industri (JISI). (deposited 19 Jul 2022 03:31) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item