Aman, Ismail (2024) Studi Eksperimen Pengaruh Variasi Roller Pada Continuously Variabel Transmission (CVT) Terhadap Performa Kendaraan Honda Scoopy 110 Esp PGM-FI. Bachelor thesis, institut teknologi kalimantan.
Text
03181024_abstract_en.pdf Restricted to Registered users only until 6 May 2024. Download (143kB) | Request a copy |
|
Text
03181024_abstract_id.pdf Download (145kB) |
|
Text
03181024_bibliography.pdf Download (147kB) |
|
Text
03181024_chapter_1.pdf Download (167kB) |
|
Text
03181024_chapter_2.pdf Download (430kB) |
|
Text
03181024_chapter_3.pdf Restricted to Registered users only until 6 May 2024. Download (464kB) | Request a copy |
|
Text
03181024_chapter_4.pdf Restricted to Registered users only until 6 May 2024. Download (268kB) | Request a copy |
|
Text
03181024_conclusions.pdf Restricted to Registered users only until 6 May 2024. Download (146kB) | Request a copy |
|
Text
03181024_cover.pdf Download (97kB) |
|
Text
03181024_Paper.pdf Restricted to Repository staff only until 6 May 2024. Download (280kB) | Request a copy |
|
Text
03181024_form020.pdf Restricted to Repository staff only until 6 May 2024. Download (35kB) | Request a copy |
Abstract
Dalam dunia otomotif pada kendaraan sepeda motor, khususnya kendaraan sepeda motor matic, pada saat ini paling banyak menggunakan sistem transmisi berjenis CVT (Continuously Variable Transmission). Pada sistem transmisi ini menggunakan penggerak sabuk/belt sebagai pengganti dari roda gigi. Salah satu komponen penting pada CVT yaitu roller. Dengan adanya penjualan jenis-jenis variasi massa roller yang ada di pasaran yang bertujuan sebagai acuan bahwa dengan memilih variasi massa roller yang dapat meningkatkan performa pada kendaraan standar pabrik agar mendapatkan performa yang lebih baik. Pada penelitian ini menggunakan kendaraan honda Scoopy 110 eSP PGM-FI untuk memperoleh nilai torsi dan daya. Metode penelitian ini menggunakan pengujian dynotest dengan menggunakan variasi pada massa roller yang telah ditentukan. Variasi massa roller yang akan diuji pada penelitian ini adalah 10 gr, 12 gr, 13 gr. Hasil dari pengujian didapat nilai tertinggi pada massa roller 10 gr dengan nilai rata-rata untuk daya 9,68 Nm pada kecepatan putaran 6364,55 RPM dan nilai rata-rata torsi 9,00 hp pada kecepatan putaran 6884,89 RPM, untuk nilai terendah terdapat pada massa roller 13 gr dengan nilai rata-rata untuk daya 9,06 Nm pada kecepatan putaran 6364,55 RPM dan nilai rata-rata torsi 8,23 hp pada kecepatan putaran 7552 RPM. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa perubahan massa roller pada kendaraan dapat berpengaruh pada performa kendaraan tersebut.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Jurusan Teknologi Industri dan Proses > Teknik Mesin |
Depositing User: | ismail mail aman |
Date Deposited: | 27 Jan 2023 07:32 |
Last Modified: | 27 Jan 2023 07:32 |
URI: | http://repository.itk.ac.id/id/eprint/19302 |
Actions (login required)
View Item |