Perancangan Virtual Assistant Pada Unit Layanan Terpadu ITK

Galid, Farras (2023) Perancangan Virtual Assistant Pada Unit Layanan Terpadu ITK. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.

[img] Text
04181040_cover.pdf

Download (25kB)
[img] Text
04181040_statement_of_authenticity.pdf

Download (5MB)
[img] Text
04181040_publishing_agreement.pdf

Download (5MB)
[img] Text
04181040_approval_sheet.pdf

Download (126kB)
[img] Text
04181040_preface.pdf

Download (52kB)
[img] Text
04181040_abstract_id.pdf

Download (2MB)
[img] Text
04181040_abstract_en.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
04181040_table_of_content.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
04181040_illustrations.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
04181040_tables.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
04181040_chapter_1.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
04181040_chapter_2.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
04181040_chapter_3.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
04181040_chapter_4.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (537kB) | Request a copy
[img] Text
04181040_conclusions.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
04181040_bibliography.pdf

Download (2MB)
[img] Text
04181040_enclosure.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
04181040_paper.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (381kB) | Request a copy
[img] Text
04181040_presentation.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
04181040_Form. TA-020.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (475kB) | Request a copy

Abstract

Pelayanan informasi merupakan suatu layanan yang terdapat pada dunia industri dan pendidikan yang menyediakan informasi bagi pengguna yang sedang membutuhkan dan dalam penyediaan informasi ini menggunakan tenaga manusia. Dengan penggunaan jasa manusia ini pelayanan menjadi terbatas untuk waktu tertentu, sehingga sering ketika pengguna mencari informasi diluar jam tersebut tidak dapat mengakses informasi yang tersedia. Adapun alternatif lain yaitu berupa chatbot, namun karena penggunaannya menggunakan text membuat pengguna tidak tertarik. Oleh karena itu pada penelitian ini dibuatlah perancangan virtual assistant dengan sistem pengenal suara menggunakan modul Google dengan bahasa indonesia dan text to speech menggunakan modul OS Microsoft Windows dengan bahasa Indonesia. Dalam pengambilan data pengenal suara, pengguna akan menyebutkan keyword pada dataset. Data ini akan menghasilkan hasil kemampuan sistem dalam menangkap suara, mengenali suara, dan waktu delay respon dari sistem. Kemudian pada pengambilan data text to speech pengguna akan mendengarkan suara dan memberikan penilaian dari kuiseoner yang telah tersediakan. Data ini terdiri dari 5 jawaban yang memiliki nilai dari 5 s/d 1. Setelah itu pengambilan data pada virtual assistant pengguna akan mencoba sistem dan mengisi pada kuiseoner, data ini akan menunjukkan bahwa sistem yang dibuat telah sesuai dengan rancangan awal. Hasil dari pengujian ini pada sistem pengenal suara bahwa jarak yang ideal untuk kemampuan sistem menangkap suara yakni 0.5 meter & 1 meter dengan nilai berada di atas 90%, kemampuan mengenali suara nilai berada di atas 80%, dan waktu delay dengan nilai 3.8 detik. Pada pengujian text to speech didapatkan data bahwa rata – rata pengguna memberikan nilai bagus untuk kecepatan ucapan sistem dan kualitas sistem pada kondisi ramai dan bising, serta pada kondisi menengah dan jauh. Untuk kualitas kejelasan suara pengguna memberikan nilai sangat bagus dan kualitas suara pada kondisi kebisingan normal, serta jarak dekat sebagai sangat bagus. Hasil pengujian dari virtual assistant didapatkan bahwa sistem yang telah dibuat sesuai dengan rancangan awal.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Jurusan Teknologi Industri dan Proses > Teknik Elektro
Depositing User: Farras Farras Galid
Date Deposited: 14 Jul 2023 00:56
Last Modified: 14 Jul 2023 00:56
URI: http://repository.itk.ac.id/id/eprint/19626

Actions (login required)

View Item View Item