Analisis Pengaruh Profil dan Jumlah Beam Bumper Mobil Terhadap Tegangan, Deformasi, dan Faktor Keamanan Pada Uji Tabrak Menggunakan Finite Element Analysis - Submit Jurnal

Syuhada, Subhan (2025) Analisis Pengaruh Profil dan Jumlah Beam Bumper Mobil Terhadap Tegangan, Deformasi, dan Faktor Keamanan Pada Uji Tabrak Menggunakan Finite Element Analysis - Submit Jurnal. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.

[img] Text
03211086_cover.pdf

Download (383kB)
[img] Text
03211086_statement_of_authenticity.pdf

Download (543kB)
[img] Text
03211086_publishing_agreement.pdf

Download (479kB)
[img] Text
03211086_approval_sheet.pdf

Download (510kB)
[img] Text
03211086_preface.pdf

Download (373kB)
[img] Text
03211086_abstract_id.pdf

Download (464kB)
[img] Text
03211086_abstract_en.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (363kB) | Request a copy
[img] Text
03211086_table_of_content.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (631kB) | Request a copy
[img] Text
03211086_illustrations.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (571kB) | Request a copy
[img] Text
03211086_tables.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (550kB) | Request a copy
[img] Text
03211086_notations.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (384kB) | Request a copy
[img] Text
03211086_chapter_1.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (402kB) | Request a copy
[img] Text
03211086_chapter_2.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (793kB) | Request a copy
[img] Text
03211086_chapter_3.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (745kB) | Request a copy
[img] Text
03211086_chapter_4.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
03211086_conclusions.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (376kB) | Request a copy
[img] Text
03211086_bibliography.pdf

Download (388kB)
[img] Text
03211086_enclosure.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
03211086_paper.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (398kB) | Request a copy
[img] Text
03211086_presentation.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
03211086_Form.TA-020.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (908kB) | Request a copy

Abstract

Kasus kecelakaan pada mobil penumpang masih banyak terjadi di Indonesia. Dari tahun 2018 – 2022 kecelakaan mobil meningkat 6,26%. Kecelakaan ini dapat mengakibatkan luka ringan hingga kematian. Mengingat buruknya dampak akibat kecelakaan ini, penting untuk penerapan komponen kendaraan yang dapat mengurangi dampak tabrakan. Salah satu komponen kendaraan yang dapat mengurangi dampak kecelakaan yaitu bumper. Bumper dapat membantu dalam mengurangi dampak tabrakan dan kerusakan pada komponen mobil seperti radiator, body, dan mesin mobil. Umumnya bahan yang digunakan untuk membuat bumper adalah logam, komposit dan plastik. Salah satu parameter yang dapat mempengaruhi kemampuan bumper dalam penyerapan dampak tabrakan yaitu profil penampangnya. Untuk mengetahui kemampuan bumper dalam menyerap dampak tabrakan maka harus dilakukan pengujian. Pada penelitian ini dilakukan simulasi pengujian tabrak pada bumper yang bertujuan untuk menganalisis pengaruh profil bumper dan penambahan beam pada bumper. Variabel yang digunakan pada penelitian ini yaitu profil bumper serta penambahan beam pada bumper. Metode yang dilakukan pada penelitian ini yaitu finite element analysis (FEA) menggunakan aplikasi berbasis FEA. Berdasarkan penelitian, didapatkan hasil eror tertinggi antara simulasi dan eksperimen sebesar 5,4%. Selain itu untuk model bumper dengan kinerja terbaik adalah bumper model 4 yang mana nilai tegangan tertinggi yang terjadi sebesar 1432,9 MPa, deformasi total tertinggi 194,7 mm, dan nilai faktor keamanan terendahnya 0,150 pada kecepatan tabrak 77 km/Jam. Adapun kesimpulan yang didapatkan yaitu profil dan penambahan beam bumper dapat mempengaruhi nilai tegangan, deformasi total, dan faktor keamanan. Kata Kunci: Bumper, Deformasi, FEA, Faktor Keamanan, Simulasi, Tegangan, Uji Tabrak.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Jurusan Teknologi Industri dan Proses > Teknik Mesin
Depositing User: Subhan Syuhada
Date Deposited: 04 Jul 2025 03:06
Last Modified: 04 Jul 2025 03:06
URI: http://repository.itk.ac.id/id/eprint/22762

Actions (login required)

View Item View Item