Studi Eksperimen Pengaruh Variasi Konstanta Pegas Continuously Variable Transmission dan Konsumsi Bahan Bakar Terhadap Performa Sepeda Motor-Submit Jurnal

Wicaksono, Syamsul Ma'arif Dwi (2025) Studi Eksperimen Pengaruh Variasi Konstanta Pegas Continuously Variable Transmission dan Konsumsi Bahan Bakar Terhadap Performa Sepeda Motor-Submit Jurnal. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.

[img] Text
03211090_cover.pdf

Download (652kB)
[img] Text
03211090_statement_of_authenticity.pdf

Download (844kB)
[img] Text
03211090_publishing_agreement.pdf

Download (202kB)
[img] Text
03211090_approval_sheet.pdf

Download (3MB)
[img] Text
03211090_preface.pdf

Download (189kB)
[img] Text
03211090_abstract_id.pdf

Download (286kB)
[img] Text
03211090_abstract_en.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 January 2027.

Download (237kB) | Request a copy
[img] Text
03211090_table_of_content.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 January 2027.

Download (547kB) | Request a copy
[img] Text
03211090_illustrations.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 January 2027.

Download (243kB) | Request a copy
[img] Text
03211090_tables.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 January 2027.

Download (240kB) | Request a copy
[img] Text
03211090_notations.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 January 2027.

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text
03211090_chapter_1.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 January 2027.

Download (377kB) | Request a copy
[img] Text
03211090_chapter_2.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 January 2027.

Download (699kB) | Request a copy
[img] Text
03211090_chapter_3.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 January 2027.

Download (721kB) | Request a copy
[img] Text
03211090_chapter_4.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 January 2027.

Download (657kB) | Request a copy
[img] Text
03211090_conclusions.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 January 2027.

Download (263kB) | Request a copy
[img] Text
03211090_bibliography.pdf

Download (548kB)
[img] Text
03211090_enclosure.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 January 2027.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
03211090_paper.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 January 2027.

Download (733kB) | Request a copy
[img] Text
03211090_presentation.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 January 2027.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
03211090_form.TA-20.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 January 2027.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Teknologi otomotif mengalami kemajuan yang sangat pesat terutama di dunia industri. Banyak masyarakat khususnya di indonesia yang menggunakan sepeda motor sebagai alat transportasi. Badan Pusat Statistik menyatakan bahwa jumlah kendaraan sepeda motor saat ini mencapai 125.305.332 unit. Menurut Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia motor matic paling banyak di minati yaitu mencapai 90,20 % sedangkan motor bebek hanya mencapai 5,41 %. Sepeda motor matic dipilih karena kemudahannya dalam mengatasi kemacetan dan tidak memerlukan perubahan transmisi secara manual. Namun, performa sepeda motor matic standar sering dianggap kurang optimal, sehingga pengguna lebih memilih modifikasi sistem CVT dibandingkan mengganti kendaraan. Modifikasi ini melibatkan komponen seperti roller, pulley, dan pegas untuk meningkatkan respon motor secara optimal tanpa biaya besar. Dengan ini, modifikasi komponen CVT menjadi pilihan utama bagi pengguna sepeda motor matic untuk mendapatkan performa yang optimal tanpa mengganti kendaraan yang baru. Pada penelitian ini dilakukan pada kendaraan motor Scoopy 110 PGM-FI dengan menguji peforma kendaraan pada mesin dynotest. Ada beberapa variasi konstanta pegas dalam penelitian ini yaitu 36,67 N/cm, 44,89 N/cm, 46,49 N/cm, 48,32 N/cm, 52,45 N/cm. Berdasarkan penelitian, torsi dan daya maksimum tertinggi dihasilkan pada variasi nilai konstanta pegas 48,32 N/cm. Top Speed tertinggi didapatkan juga pada nilai konstanta pegas 48,32 N/cm, dan akselerasi tertinggi dihasilkan pada nilai konstanta pegas 36,47 N/cm. Konsumsi bahan bakar spesifik tertinggi terjadi pada pegas 52,45 N/cm. Adapun kesimpulan yang didapatkan yaitu variasi nilai konstanta pegas berpengaruh terhadap nilai torsi, daya, akselerasi, top speed, dan konsumsi bahan bakar.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Jurusan Teknologi Industri dan Proses > Teknik Mesin
Depositing User: mahasiswa arif syamsul ma'arif
Date Deposited: 08 Jul 2025 03:27
Last Modified: 08 Jul 2025 03:27
URI: http://repository.itk.ac.id/id/eprint/23118

Actions (login required)

View Item View Item