ANALISIS TARIF BUS SARANA ANGKUTAN UMUM MASSAL (SAUM) BALIKPAPAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN ABILITY TO PAY DAN WILLINGNESS TO PAY

Wijayanto, Jaka Praseya (2020) ANALISIS TARIF BUS SARANA ANGKUTAN UMUM MASSAL (SAUM) BALIKPAPAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN ABILITY TO PAY DAN WILLINGNESS TO PAY. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.

[img]
Preview
Text
07151020_cover.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07151020_abstract_id.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07151020_chapter_1.pdf

Download (224kB) | Preview
[img] Text
07151020_chapter_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (368kB)
[img] Text
07151020_chapter_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)
[img] Text
07151020_chapter_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
07151020_bibliography.pdf

Download (298kB) | Preview

Abstract

Sarana Angkutan Umum Massal (SAUM) Balikpapan adalah transportasi massal berbasis bus yang akan diterapkan di kota Balikpapan untuk melayani masyarakat di jalan-jalan utama kota balikpapan. Tarif yang dikenakan untuk penumpang yaitu sebesar Rp6500 untuk kategori umum. Tarif yang ditetapkan belum berdasarkan tingkat kemampuan dan kemauan masyarakat. Oleh karena itu dilakukan analisa tarif menggunakan pendekatan Ability to Pay (ATP) dan Willingness to Pay (WTP). Perhitungan ATP dilakukan dengan metode household budget dan perhitungan WTP digunakan metode regresi logistik. Hasil yang didapatkan untuk nilai ATP responden MC adalah sebesar Rp5.686 dan untuk LV Rp10.431. Untuk WTP responden MC dengan model probabilitas (3,74726 0,141883 Waktu 0.0001373 Tarif ) (3,74726 0,141883 Waktu 0.0001373 Tarif ) e P 1 e           menghasilkan perpindahan tertinggi 80% yang terjadi pada tarif Rp4.500 dan waktu tunggu harapan selama 5 menit. Sedangkan WTP responden LV dengan model probabilitas (3,44447 0,15658 Waktu 0,00029 Tarif ) (3,44447 0,15658 Waktu 0,00029 Tarif ) e P 1 e           menghasilkan probabilitas tertinggi sebesar 79%. terjadi pada tarif Rp4.500 dengan waktu tunggu harapan selama 5 menit. Pada tarif Rp6.500, Probabilitas tertinggi yang terjadi yaitu 65% untuk MC dan 68% untuk LV. Dengan kemungkinan perpindahan masyarakat yang terjadi pada 25 skenario, potensi pendapatan tertinggi yang dapat dihasilkan oleh pemerintah dari pembelian tiket bus SAUM dan pengurangan subsidi terjadi pada tarif Rp8.500 dan waktu tunggu harapan selama 5 menit dengan total pendapatan dikurangi subsidi per tahun sebesar Rp454,458,898,625. Untuk memaksimalkan angka perpindahan masyarakat menggunakan bus SAUM maka pemerinta dapat menggunakan tarif Rp4.500 dan waktu tunggu selama 5 menit. Sedangkan untuk memaksimalkan pendapatan, maka pemerintah dapat menggunakan tarif Rp8.500 dan waktu tunggu selama 5 menit.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
T Technology > TH Building construction
Divisions: Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil
Depositing User: Admin Perpustakaan ITK
Date Deposited: 22 Mar 2020 03:39
Last Modified: 06 Dec 2021 06:35
URI: http://repository.itk.ac.id/id/eprint/233

Actions (login required)

View Item View Item