KLASTERISASI PERILAKU DAN KEPRIBADIAN DARI PEMAIN GAME MENGGUNAKAN PRINCIPAL COMPONENT ANALYSIS (PCA) DAN K-MEANS

Sitinjak, Wahyu Parulian (2025) KLASTERISASI PERILAKU DAN KEPRIBADIAN DARI PEMAIN GAME MENGGUNAKAN PRINCIPAL COMPONENT ANALYSIS (PCA) DAN K-MEANS. Bachelor thesis, Insititut Teknologi Kalimantan.

[img] Text
02211021_Cover.pdf
Restricted to Repository staff only until October 2027.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
02211021_statement_of_authenticity.pdf
Restricted to Repository staff only until October 2027.

Download (661kB) | Request a copy
[img] Text
02211021_publishing_agreement.pdf
Restricted to Repository staff only until October 2027.

Download (531kB) | Request a copy
[img] Text
02211021_approval_sheet.pdf
Restricted to Repository staff only until October 2027.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
02211021_preface.pdf
Restricted to Repository staff only until October 2027.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
02211021_abstract_id.pdf
Restricted to Repository staff only until October 2027.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
02211021_abstract_en.pdf
Restricted to Repository staff only until October 2027.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
02211021_table_of_content.pdf
Restricted to Repository staff only until October 2027.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
02211021_illustrations.pdf
Restricted to Repository staff only until October 2027.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
02211021_tables.pdf
Restricted to Repository staff only until October 2027.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
02211021_notations.pdf
Restricted to Repository staff only until October 2027.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
02211021_chapter_1.pdf
Restricted to Repository staff only until October 2027.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
02211021_chapter_2.pdf
Restricted to Repository staff only until October 2027.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
02211021_chapter_3.pdf
Restricted to Repository staff only until October 2027.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
02211021_chapter_4.pdf
Restricted to Repository staff only until October 2027.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
02211021_conclusions.pdf
Restricted to Repository staff only until October 2027.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
02211021_enclosure.pdf
Restricted to Repository staff only until October 2027.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
02211021_Presentation.pdf
Restricted to Repository staff only until October 2027.

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
02211021_bibliography.pdf
Restricted to Repository staff only until October 2027.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
02211021_conclusions.pdf
Restricted to Repository staff only until October 2027.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
02211021_paper.pdf
Restricted to Repository staff only until October 2027.

Download (947kB) | Request a copy
[img] Text
02211021_Form.TA-020.pdf
Restricted to Repository staff only until October 2027.

Download (818kB) | Request a copy

Abstract

Game digital merupakan bagian penting dari kehidupan modern yang tidak hanya berfungsi sebagai hiburan, tetapi juga sebagai media interaksi sosial dan ekspresi psikologis. Kompleksitas perilaku bermain game mendorong kebutuhan pemahaman yang mendalam tentang keterkaitan antara aktivitas bermain, karakteristik demografis, dan kondisi psikologis pemain. Penelitian ini bertujuan untuk mengelompokkan pemain game berdasarkan perilaku bermain dan profil psikologisnya. Data penelitian berasal dari survei daring terbuka di situs OSF yang melibatkan 13.464 responden dari 109 negara. Dataset mencakup variabel demografis, kebiasaan bermain, serta aspek psikologis yang diukur menggunakan variabel seperti Social Phobia Inventory (SPIN), GAD-7, Satisfaction with Life Scale (SWL), dan Single Item Narcissism Scale (SINS). Dalam metodologinya, dilakukan reduksi dimensi data terlebih dahulu, variabel kategorikal direduksi menggunakan Multiple Correspondence Analysis (MCA), kemudian hasilnya digabungkan dengan data numerik untuk direduksi menggunakn Principal Component Analysis (PCA). Data final hasil reduksi tersebut kemudian dilakukan klasterisasi menggunakan algoritma klasterisasi K-Means dan dievaluasi dengan Silhouette Coefficient. Hasil penelitian menunjukkan nilai Silhouette Coefficient tertinggi sebesar 0,507 dengan hasil penerapan Principal Component Analysis (PCA) menggunakan 2 komponen utama dengan proporsi variansi sebesar 96.70% dengan jumlah 2 klaster. Analisis profil menghasilkan dua kelompok utama yaitu pada klaster 0 merupakan kelompok pemain moderat dengan kepuasan hidup lebih tinggi dan klaster 1 merupakan pemain intens dengan kepuasan hidup lebih rendah. Kesimpulannya, penelitian ini mengonfirmasi adanya keterkaitan yang signifikan antara perilaku bermain game dengan profil psikologis pemain.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Jurusan Matematika dan Teknologi Informasi > Matematika
Depositing User: Wahyu Parulian Sitinjak
Date Deposited: 14 Jul 2025 05:36
Last Modified: 14 Jul 2025 05:36
URI: http://repository.itk.ac.id/id/eprint/24213

Actions (login required)

View Item View Item