Sitinjak, Wahyu Parulian (2025) KLASTERISASI PERILAKU DAN KEPRIBADIAN DARI PEMAIN GAME MENGGUNAKAN PRINCIPAL COMPONENT ANALYSIS (PCA) DAN K-MEANS. Bachelor thesis, Insititut Teknologi Kalimantan.
![]() |
Text
02211021_Cover.pdf Restricted to Repository staff only until October 2027. Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text
02211021_statement_of_authenticity.pdf Restricted to Repository staff only until October 2027. Download (661kB) | Request a copy |
![]() |
Text
02211021_publishing_agreement.pdf Restricted to Repository staff only until October 2027. Download (531kB) | Request a copy |
![]() |
Text
02211021_approval_sheet.pdf Restricted to Repository staff only until October 2027. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
02211021_preface.pdf Restricted to Repository staff only until October 2027. Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text
02211021_abstract_id.pdf Restricted to Repository staff only until October 2027. Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text
02211021_abstract_en.pdf Restricted to Repository staff only until October 2027. Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text
02211021_table_of_content.pdf Restricted to Repository staff only until October 2027. Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text
02211021_illustrations.pdf Restricted to Repository staff only until October 2027. Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text
02211021_tables.pdf Restricted to Repository staff only until October 2027. Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text
02211021_notations.pdf Restricted to Repository staff only until October 2027. Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text
02211021_chapter_1.pdf Restricted to Repository staff only until October 2027. Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text
02211021_chapter_2.pdf Restricted to Repository staff only until October 2027. Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text
02211021_chapter_3.pdf Restricted to Repository staff only until October 2027. Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text
02211021_chapter_4.pdf Restricted to Repository staff only until October 2027. Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text
02211021_conclusions.pdf Restricted to Repository staff only until October 2027. Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text
02211021_enclosure.pdf Restricted to Repository staff only until October 2027. Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text
02211021_Presentation.pdf Restricted to Repository staff only until October 2027. Download (5MB) | Request a copy |
![]() |
Text
02211021_bibliography.pdf Restricted to Repository staff only until October 2027. Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text
02211021_conclusions.pdf Restricted to Repository staff only until October 2027. Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text
02211021_paper.pdf Restricted to Repository staff only until October 2027. Download (947kB) | Request a copy |
![]() |
Text
02211021_Form.TA-020.pdf Restricted to Repository staff only until October 2027. Download (818kB) | Request a copy |
Abstract
Game digital merupakan bagian penting dari kehidupan modern yang tidak hanya berfungsi sebagai hiburan, tetapi juga sebagai media interaksi sosial dan ekspresi psikologis. Kompleksitas perilaku bermain game mendorong kebutuhan pemahaman yang mendalam tentang keterkaitan antara aktivitas bermain, karakteristik demografis, dan kondisi psikologis pemain. Penelitian ini bertujuan untuk mengelompokkan pemain game berdasarkan perilaku bermain dan profil psikologisnya. Data penelitian berasal dari survei daring terbuka di situs OSF yang melibatkan 13.464 responden dari 109 negara. Dataset mencakup variabel demografis, kebiasaan bermain, serta aspek psikologis yang diukur menggunakan variabel seperti Social Phobia Inventory (SPIN), GAD-7, Satisfaction with Life Scale (SWL), dan Single Item Narcissism Scale (SINS). Dalam metodologinya, dilakukan reduksi dimensi data terlebih dahulu, variabel kategorikal direduksi menggunakan Multiple Correspondence Analysis (MCA), kemudian hasilnya digabungkan dengan data numerik untuk direduksi menggunakn Principal Component Analysis (PCA). Data final hasil reduksi tersebut kemudian dilakukan klasterisasi menggunakan algoritma klasterisasi K-Means dan dievaluasi dengan Silhouette Coefficient. Hasil penelitian menunjukkan nilai Silhouette Coefficient tertinggi sebesar 0,507 dengan hasil penerapan Principal Component Analysis (PCA) menggunakan 2 komponen utama dengan proporsi variansi sebesar 96.70% dengan jumlah 2 klaster. Analisis profil menghasilkan dua kelompok utama yaitu pada klaster 0 merupakan kelompok pemain moderat dengan kepuasan hidup lebih tinggi dan klaster 1 merupakan pemain intens dengan kepuasan hidup lebih rendah. Kesimpulannya, penelitian ini mengonfirmasi adanya keterkaitan yang signifikan antara perilaku bermain game dengan profil psikologis pemain.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Jurusan Matematika dan Teknologi Informasi > Matematika |
Depositing User: | Wahyu Parulian Sitinjak |
Date Deposited: | 14 Jul 2025 05:36 |
Last Modified: | 14 Jul 2025 05:36 |
URI: | http://repository.itk.ac.id/id/eprint/24213 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |