SIMULASI NUMERIK PENGARUH SUDUT SERANG TERHADAP MOMENT COEFFICIENT UNTUK MEMILIH CENTER OF GRAVITY PADA PESAWAT TANPA AWAK TAIL TWIN BOOM

Nurhidayat, Taufik (2020) SIMULASI NUMERIK PENGARUH SUDUT SERANG TERHADAP MOMENT COEFFICIENT UNTUK MEMILIH CENTER OF GRAVITY PADA PESAWAT TANPA AWAK TAIL TWIN BOOM. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.

[img]
Preview
Text
03161068_cover.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03161068_abstrak.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03161068_bab 1.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03161068_bab 3.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03161068_bab 2.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03161068_bab5.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03161068_bab 4.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03161068_paper.pdf

Download (377kB) | Preview
[img] Text
03161068_daftar pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)

Abstract

Unmanned Area Vehicle (UAV) bukanlah penemuan baru, terutama ketika teknologi transportasi udara telah dijual secara massal kepada publik. UAV dirancang terdapat stabilitas yang baik dalam bermanuver dan terdapat keseimbangan untuk peningkatan daya jelajah pesawat yaitu terhadap segi faktor proses desain dan penentuan koordinat center of gravity. Tujuan terhadap penelitian dilakukan untuk analisis pengaruh sudut serang terhadap moment coefficient pada pesawat tanpa awak tail twin boom. Analisis posisi COG pada pesawat tanpa awak tail twin boom. Penelitian ini bertujuan untuk pengujian terhadap pesawat tanpa awak tail twin boom dalam penentuan titik COG. Diketahui bahwa nilai moment coefficient diperoleh dari simulasisetiap sudut serangan -10 o hingga 20o tersebut. Pengaruh di setiap sudut nilai sudut serang terhadap nilai moment coefficient yang diperoleh terdapat perbedaan yang dapat dilihat bahwa setiap sudut serangan terdapat nilai yang berbeda, serta setiap titik COG yang telah ditentukan terdapat nilai moment coefficient yang berbeda di setiap sudut serang yang ditunjukkan bahwa setiap angle of attack terdapat pengaruh terhadap nilai moment coefficient. Titik COG yang digunakan sebagai patokan pada titik COG 337 mm yang nilai CM paling rendah, sehingga pada titik tersebut adalah sebagai titik yang stabilitas statis terbaik dan dapat tetap diposisi seimbang terhadap pesawat tail twin boom.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Jurusan Teknologi Industri dan Proses > Teknik Mesin
Depositing User: Admin Perpustakaan ITK
Date Deposited: 21 Oct 2020 06:53
Last Modified: 14 Dec 2021 06:22
URI: http://repository.itk.ac.id/id/eprint/329

Actions (login required)

View Item View Item