ANALISIS DAMPAK GEOMETRIK JALAN TERHADAP KINERJA JALAN PADA RUAS JALAN TRANS SAMARINDA-BONTANG KM 3-KM 8

Septiawan, Andhika Fajar (2019) ANALISIS DAMPAK GEOMETRIK JALAN TERHADAP KINERJA JALAN PADA RUAS JALAN TRANS SAMARINDA-BONTANG KM 3-KM 8. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.

[img]
Preview
Text
07151004_cover.pdf

Download (509kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07151004_abstract_id.pdf

Download (126kB) | Preview
[img] Text
07151004_chapter_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)
[img] Text
07151004_chapter_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (586kB)
[img] Text
07151004_chapter_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
07151004_chapter_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Jalan arteri primer memiliki geometrik jalan yang telah ditentukan oleh beberapa peraturan di Indonesia, salah satunya Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997. Apabila tidak memenuhi kriteria geometrik jalan yang telah ditentukan, tentunya akan membuat jalan tersebut memiliki kinerja dibawah standar. Ruas Jalan Trans Samarinda-Bontang Km 3-Km 8 merupakan jalan arteri primer dan berdasarkan kondisi eksisting tidak memenuhi beberapa kriteria geometrik untuk jalan arteri primer, seperti lebar jalan, radius tikungan, dan kelandaian. Oleh karena itu dibutuhkan analisis dampak geometrik jalan terhadap kinerja jalan pada ruas Jalan Trans Samarinda-Bontang Km 3-Km 8. Pada penelitian ini menggunakan analisis Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997, program bantu simulasi mikroskopik berupa Vissim, dan analisis Biaya Operasional Kendaraan (BOK). Aplikasi vissim digunakan untuk memodelkan kondisi jalan eksisting, dan mengetahui hasil kinerja jalan. Untuk MKJI 1997 menggunakan kondisi ideal jalan luar kota dengan tanpa mempertimbangkan adanya alinyemen (horizontal dan vertikal), dan mengetahui hasil kinerja jalan tersebut. Perhitungan masing-masing komponen BOK dilakukan dengan menggunakan metode Pacific Consultant International (PCI). Hasil penelitian ini didapatkan hasil kerugian bagi pengendara pada ruas ini. Adapun kerugian biaya operasional kendaraan yang dialami oleh pengendara pada ruas jalan ini untuk kendaraan ringan (LV) arah ke Bontang sebesar Rp. 3859.09/kend, sedangkan untuk kendaraan berat (HV) arah ke Bontang sebesar Rp. 7280.24/kend. Kerugian juga dialami untuk arah sebaliknya, untuk kendaraan ringan (LV) arah ke Samarinda sebesar Rp. 1853.75/kend, sedangkan untuk kendaraan berat (HV) arah ke Samarinda sebesar 3220.22/kend.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil
Depositing User: Admin Perpustakaan ITK
Date Deposited: 23 Oct 2019 03:46
Last Modified: 06 Dec 2021 07:46
URI: http://repository.itk.ac.id/id/eprint/105

Actions (login required)

View Item View Item