ANALISIS PENENTUAN TIPE OFF STREET PARKING UNTUK MENGURANGI ON STREET PARKING SESUAI KETERSEDIAAN LAHAN KOTA BALIKPAPAN

Marbun, Noviana Ully (2019) ANALISIS PENENTUAN TIPE OFF STREET PARKING UNTUK MENGURANGI ON STREET PARKING SESUAI KETERSEDIAAN LAHAN KOTA BALIKPAPAN. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.

[img]
Preview
Text
07141007_cover.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07141007_asbtract_id.pdf

Download (164kB) | Preview
[img] Text
07141007_chapter_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (738kB)
[img] Text
07141007_chapter_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
07141007_chapter_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (551kB)
[img] Text
07141007_chapter_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan Kajian Potensi Parkir di setiap kegiatan atau usaha di Balikpapan oleh Dinas Perhubungan Kota Balikpapan (2016), menjelaskan bahwa sebagian besar lokasi parkir dari enam kecamatan di Balikpapan merupakan parkir yang berada di badan jalan (on street parking). Tipe parkir tersebut dapat menyebabkan berkurangnya kapasitas ruas jalan yang mengakibatkan terganggunya akses jalan karena kendaraan bermotor yang berhenti dan parkir di badan jalan. Jika dibiarkan, dapat menyebabkan peningkatan volume kendaraan yang berujung pada kemacetan, sehingga perlu adanya pertimbangan akan kebutuhan tempat pelayanan umum dalam mengatasi kemacetan lalu lintas di jalan berupa lahan parkir. Dengan tingkat jumlah kendaraan yang besar, Kota Balikpapan membutuhkan lahan parkir sebagai fasilitas umum untuk mengatasi permasalahan lalu lintasnya. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis kantong parkir yang berpotensi menjadi lahan parkir di luar badan jalan (off street parking) di Kota Balikpapan. Dari delapan belas kelurahan yang ada dalam RTRW Kota Balikpapan, terdapat dua kelurahan yang berpotensi menjadi lokasi off street parking yaitu Kelurahan Klandasan Ilir dan Kelurahan Damai. Dalam pengumpulan data untuk menganalisis kantong parkir di dua kelurahan tersebut digunakan metode survei observasi parkir dengan menggunakan teknik survei patrol parkir (survei durasi parkir) untuk menghitung lamanya parkir sebuah kendaraan selama berada di badan jalan. Dalam survei kebutuhan parkir dapat diperoleh informasi mengenai karakteristik-karakteristik seperti kebutuhan parkir, volume parkir, durasi parkir, akumulasi parkir, dan indeks parkir. Untuk menentukan tipe lahan parkir yang tepat, dilakukan analisis terhadap kebutuhan dan karakteristik kantong parkir berdasarkan RTRW Kota Balikpapan sehingga dapat digunakan untuk pemilihan lokasi kantong parkir sebagai off street parking dan alternatif desain off street parking dalam mengurangi volume kendaraan yang parkir di badan jalan. Dari pengerjaan tugas akhir menghasilkan karakteristik parkir pada ruas Jalan Jendral Sudirman Kelurahan Klandasan Ilir dengan besar akumulasi maksimum sebanyak 92 kendaraan untuk motor dan 66 kendaraan untuk mobil. Durasi parkir kendaraan yang menggunakan parkir di xii badan jalan adalahh 0-1,5 jam untuk kendaraan motor dan 0-2 jam untuk kendaraan mobil. Tingkat pergantian parkir harian sebesar 0,44 petak/jam dimana setiap satu petak parkir kendaraan bermotor dapat melayani 0,44 kendaraan. Indeks parkir menunjukkan bahwa lokasi kantong parkir yang berada di Jalan Jendral Sudirman dikatakan layak karena dapat memenuhi jumlah kebutuhan parkir. Tipe lahan parkir yang di gunakan adalah jenis gedung parkir yang dapat menampung kebutuhan parkir sebesar 32 SRP untuk mobil dan 20 SRP untuk motor.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil
Depositing User: Admin Perpustakaan ITK
Date Deposited: 25 Oct 2019 02:46
Last Modified: 16 Nov 2021 07:40
URI: http://repository.itk.ac.id/id/eprint/142

Actions (login required)

View Item View Item