Safitri, Annisa (2021) Evaluasi Penyebab Longsoran dan Analisis Stabilitas Perkuatan Lereng Badan Jalan Poros Balikpapan-Samarinda KM.11. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.
Text
07171010_abstract_id.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
07171010_approval_sheet.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
||
|
Text
07171010_bibliography.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
07171010_cover.pdf Download (66kB) | Preview |
|
Text
07171010_form.pdf Restricted to Repository staff only Download (142kB) | Request a copy |
||
Text
07171010_abstract_en.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text
07171010_chapter_1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
07171010_chapter_2.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
07171010_chapter_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text
07171010_chapter_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text
07171010_conclusions.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
07171010_enclosure.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
||
Text
07171010_illustrations.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
07171010_notations.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
07171010_preface.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text
07171010_table_of_content.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text
07171010_tables.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text
07171010_paper.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
07171010_presentations.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
07171010_publishing_agreement.pdf Download (456kB) | Preview |
|
|
Text
07171010_statement_of_authenticiry.pdf Download (396kB) | Preview |
Abstract
Jalan poros antar kota Balikpapan-Samarinda merupakan jalan nasional yang membentang dan menghubungkan dua kota yaitu Balikpapan dan Samarinda. Berdasarkan frekuensi kejadian dan jalan poros Balikpapan- Samarinda merupakan daerah yang harus diwaspadai terhadap potensi terjadinya longsoran pada lereng. Pada bulan Agutus 2020, terjadi peristiwa longsoran lereng yang dipicu oleh beberapa penyebab di ruas jalan poros Balikpapan-Samarinda tepatnya di KM.11 Balikpapan yang telah membuat separuh badan jalan tidak bisa dilalui kendaraan. Diperlukan upaya berupa evaluasi longsoran lereng sebagai langkah untuk penganggulangan yang tepat. Evaluasi tersebut adalah dengan melakukan permodelan numerik untuk menentukan faktor keamanan secara geoteknik dengan menganalisa terhadap beban kendaraan, geometri lereng dan propertis tanah serta menganalisis terhadap perkuatan dinding penahan tanah (retaining wall) untuk menahan kelongsoran dan meningkatkan kestabilan lereng. Seluruh analisis dilakukan dengan menggunakan program bantu Plaxis. Berdasarkan hasil nilai keamanan (SF) pada permodelan tanpa perkuatan, diperoleh hasil 1,27 tanpa beban lalu lintas dan 1,085 dengan beban lalu lintas tanpa perkuatan. Hasil analisis kedua permodelan tersebut menunjukkan nilai keamanan (SF) di bawah nilai izin stabilitas lereng yaitu 1,5 dan propertis tanah eksisting, geometri lereng serta beban lalu lintas menjadi penyebab terjadinya longsoran. Untuk menanggulangi longsoran tersebut, dilakukan analisis permodelan dengan perkuatan dinding penahan tanah dengan nilai kemanan (SF) ialah 1,742 dan perkuatan dinding penahan tanah dan borepile dengan nilai keamanan (SF) 2,283. Berdasarkan nilai SF kedua kondisi dinding penahan tanah dan borepile melampaui nilai keamanan izin (SF) yaitu > 1,5 sehingga stabilitas lereng aman. Namun untuk mengoptimalkan dimensi yang ada dan meminimalisir anggaran maka dilakukanlah desain dimensi ulang dengan SNI 8460:2017 dan mendapatkan nilai faktor keamanan (SF) sebesar 1,516 dimana nilai tersebut sudah melampaui nilai izin yaitu >1,5. Sehingga dapat disimpulkan alternatif perkuatan lereng yang paling optimal adalah dengan dinding penahan tanah tipe kantilever dengan dimensi berdasarkan SNI 8460:2017.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QE Geology |
Divisions: | Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil |
Depositing User: | Annisa Safitri |
Date Deposited: | 02 Aug 2021 02:05 |
Last Modified: | 02 Aug 2021 02:05 |
URI: | http://repository.itk.ac.id/id/eprint/16990 |
Actions (login required)
View Item |