Analisis Kapasitas Ultimate Berbasis Risiko pada Struktur Breasting Dolphin Akibat Variasi Berthing Energy (Studi Kasus: Pelabuhan Penajam Banua Taka)

Alvin, Alvin (2021) Analisis Kapasitas Ultimate Berbasis Risiko pada Struktur Breasting Dolphin Akibat Variasi Berthing Energy (Studi Kasus: Pelabuhan Penajam Banua Taka). Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.

[img] Text
07171006_abstract_en.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
07171006_abstract_id.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
07171006_approval_sheet.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
07171006_bibliography.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
07171006_chapter_1.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07171006_chapter_2.pdf

Download (573kB) | Preview
[img] Text
07171006_chapter_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text
07171006_chapter_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
07171006_conclusions.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
07171006_cover.pdf

Download (406kB) | Preview
[img] Text
07171006_enclosure.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
07171006_form020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
07171006_illustrations.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
07171006_notations.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
07171006_paper.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
07171006_preface.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
07171006_presentation.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
07171006_publishing_agreement.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
07171006_statement_of_authenticity.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
07171006_tables.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
07171006_table_of_content.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Keamanan operasional fasilitas berlabuh dapat tercapai ketika faktor-faktor risiko dapat dikendalikan. Selama masa layannya, banyak faktor risiko fasilitas berlabuh yang muncul, berkembang, dan berubah-ubah. Konstruksi breasting dolphin shore base industri minyak dan gas sebagai fasilitas berlabuh memiliki potensi bahaya kegagalan struktur akibat beban kapal berlabuh. Saat kebutuhan kapasitas kapal meningkat dan kondisi perairan yang dalam, konstruksi itu memiliki kemungkinan menerima kapal berlabuh yang lebih besar dari yang direncanakan. Kondisi ini menyebabkan konstruksi memiliki potensi bahaya kegagalan struktur. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui jenis kriteria kapal yang masih dapat berlabuh hingga risiko apabila terjadi kegagalan struktur. Analisis risiko menjadi kebutuhan dalam menunjang tercapainya keamanan operasional melalui pengendalian risiko. Metode yang digunakan yaitu analisis kapasitas dengan variasi beban kapal berlabuh dan matriks risiko. Analisis kapasitas dilakukan dengan peningkatan beban berdasarkan variasi kapal dan kecepatan berlabuh yang ditentukan. Matriks risiko menjadi metode yang dipilih dari hasil tinjauan literatur penelitian terdahulu mengenai analisis risiko kegagalan struktur. Pendekatan kuantitatif probabilitas-dampak banyak digunakan dalam pekerjaan analisis risiko menggunakan matriks. Struktur dimodelkan dan dianalisis menggunakan program bantu. Hasilnya menunjukkan terdapat kriteria kapal dengan kecepatan berlabuhnya yang masih dapat diterima struktur dibawah kapasitas desain. Probabilitas kegagalan dihitung menggunakan simulasi Monte Carlo dan konsekuensi dinilai berdasarkan pertimbangan ahli. Kesimpulan yang didapat yaitu 2 kriteria beban kapal yang masih bisa diterima struktur adalah kapal 7.000 DWT dengan kecepatan berlabuh 0,108 m/s dan kapal 8.000 DWT dengan kecepatan berlabuh 0,103 m/s. Matriks risiko menunjukkan 4 variasi beban kapal lainnya masuk dalam kategori risiko sedang pada aspek human safety dan masuk dalam kategori risiko tinggi pada environment dan business. Rasio cadangan kekuatan didapatkan senilai 1,49 dari beban desain.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil
Depositing User: Alvin Alvin
Date Deposited: 02 Aug 2021 13:42
Last Modified: 02 Aug 2021 13:42
URI: http://repository.itk.ac.id/id/eprint/17439

Actions (login required)

View Item View Item