Kentjana, Muhammad Gilang (2021) Simulasi Numerik Pengaruh Diameter Service Hole terhadap Ketahanan Prestressed Concrete Sleeper Rel Kereta Angkut. Bachelor thesis, Intitut Teknologi Kalimantan.
|
Text
03171041_cover.pdf Download (993kB) | Preview |
|
Text
03171041_statement_of_authenticity.pdf Restricted to Repository staff only Download (972kB) | Request a copy |
||
Text
03171041_publishing_agreement.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
03171041_approval_sheet.pdf Restricted to Repository staff only Download (997kB) | Request a copy |
||
Text
03171041_preface.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
03171041_abstract_id.pdf Restricted to Repository staff only Download (991kB) | Request a copy |
||
Text
03171041_abstract_en.pdf Restricted to Repository staff only Download (964kB) | Request a copy |
||
Text
03171041_table_of_content.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text
03171041_illustrations.pdf Restricted to Repository staff only Download (985kB) | Request a copy |
||
Text
03171041_tables.pdf Restricted to Repository staff only Download (983kB) | Request a copy |
||
Text
03171041_notations.pdf Restricted to Repository staff only Download (990kB) | Request a copy |
||
|
Text
03171041_chapter_1.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
03171041_chapter_2.pdf Download (7MB) | Preview |
|
Text
03171041_chapter_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
||
Text
03171041_chapter_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
03171041_conclusions.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text
03171041_bibliography.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
03171041_enclosure.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
03171041_paper.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
03171041_presentation.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Dari berbagai metode transportasi, diperlukan metode yang dapat memenuhi kebutuhan industri dari segi efisiensi waktu dan biaya, serta efektivitas dalam rantai logistik secara keseluruhan. Penggunaan kereta api sebagai transportasi kargo memiliki efisiensi lebih tinggi bila dilihat dari segi konsumsi energi per berat dan jarak yang ditempuh bila dibandingkan dengan metode transportasi yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh beban impact serta variasi diameter service hole terhadap ketahanan sleeper rel kereta. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut ialah simulasi menggunakan software Computer Aided Engineering (CAE) dengan Finite Element Method (FEM) terhadap struktur sleeper. Variasi diameter service hole yang digunakan adalah 20mm, 22mm, 24mm, 26mm, 28mm dan 30mm. Hasil data yang diperoleh dari simulasi berupa nilai tegangan, load dan displacement. Nilai tegangan maksimum pada keseluruhan sistem adalah 1860MPa. Nilai load maksimum adalah 359,9kN terdapat pada diameter service hole 20mm. Nilai displacement maksimum sebesar 22,876mm pada titik A, dan 22,681mm pada titik B pada diameter service hole 30mm. Grafik load menunjukkan bahwa seiring dengan meningkatnya diameter service hole vertikal, maka beban yang dapat diterima oleh sleeper sebelum sleeper tersebut terjadi kegagalan akan semakin menurun, sehingga pembuatan service hole vertikal pada sleeper harus menjadi poin pertimbangan, karena dapat menurunkan tingkat ketahanan sleeper. Kata kunci: CAE, FEM, prestressed concrete sleeper, service hole
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Jurusan Teknologi Industri dan Proses > Teknik Mesin |
Depositing User: | Users 414 not found. |
Date Deposited: | 03 Aug 2021 03:32 |
Last Modified: | 03 Aug 2021 03:32 |
URI: | http://repository.itk.ac.id/id/eprint/17493 |
Actions (login required)
View Item |