-, Ciptoadi (2021) ANALISIS PERFORMA BATERAI LITHIUM-ION DAN LiFePO4 PADA MOBIL LISTRIK ENGGANG EVO 3 DENGAN LINTASAN LURUS DAN LINTASAN TANJAK. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.
Text
03161019_abstract_en.pdf Restricted to Registered users only Download (331kB) | Request a copy |
|
Text
03161019_abstract_id.pdf Download (330kB) |
|
Text
03161019_chapter_1.pdf Download (135kB) |
|
Text
03161019_chapter_2.pdf Download (185kB) |
|
Text
03161019_chapter_3.pdf Restricted to Registered users only Download (425kB) | Request a copy |
|
Text
03161019_chapter_4.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) | Request a copy |
|
Text
03161019_conclusions.pdf Restricted to Registered users only Download (491kB) | Request a copy |
|
Text
03161019_bibliography.pdf Download (816kB) |
|
Text
03161019_paper.pdf Restricted to Repository staff only Download (251kB) | Request a copy |
|
Text
03161019_form020.pdf Restricted to Repository staff only Download (20kB) | Request a copy |
Abstract
ANALISIS PERFORMA BATERAI LITHIUM-ION DAN LiFePO4 PADA MOBIL LISTRIK ENGGANG EVO 3 DENGAN LINTASAN LURUS DAN LINTASAN TANJAK Nama Mahasiswa : Ciptoadi NIM : 03161019 Dosen Pembimbing Utama : Illa Rizianiza, S.T., M.T. Dosen Pembimbing Pendamping : Faisal Manta, S.T., M.T. ABSTRAK Pengembangan mobil listrik di Indonesia telah berkembang sangat pesat. Penelitian-penelitian sudah banyak dilakukan pada mobil listrik, yang bertujuan untuk menciptakan mobil listrik yang memiliki banyak fitur yang modern dan berbagai macam bentuk. Institut Teknologi Kalimantan sudah memulai pengembangan mobil listrik dan berhasil mengikuti perlombaan KMLI pada tahun 2019 dengan mobil listrik Enggang Evo3. Setiap tahunnya dilakukan pengembangan pada mobil untuk memaksimalkan performa mobil disetiap perlombaan. Baterai yang digunakan mobil listrik Enggang setiap tahunnya juga mengalami perubahan. Tahun 2018 mobil Enggang Evo2 mengalami kegagalan yakni motor listrik yang digunakan terbakar saat proses kualifikasi. Baterai yang digunakan memiliki kapasitas yang berbeda-beda. Hal itu akan mempengaruhi performa mobil pada masing-masing kategori perlombaan, terutama pada kategori lintasan tanjak dan akselerasi. Variasi yang digunakan pada penelitian adalah jenis baterai Lithium-ion dan baterai LiFePO4. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa baterai Lithium-ion lebih cocok saat digunakan pada lintasan tanjak dengan ratarata waktu tempuh 19,26s dan nilai rata-rata kecepatan 9,32 km/jam, sedangkan untuk kategori lintasan lurus LiFePO4 lebih cocok digunakan saat lintasan lurus dengan rata-rata waktu tempuh 8,94s dan nilai rata-rata kecepatan 20,12 km/jam. Hal ini disebabkan dari masing-masing baterai memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Kata kunci : Baterai, Lintasan, Mobil Listrik, Waktu Tempuh
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Jurusan Teknologi Industri dan Proses > Teknik Mesin |
Depositing User: | Admin Perpustakaan ITK |
Date Deposited: | 23 May 2022 03:58 |
Last Modified: | 23 May 2022 03:58 |
URI: | http://repository.itk.ac.id/id/eprint/17935 |
Actions (login required)
View Item |