Analisis Pada Geladak Kapal Konversi SPOB Menjadi LCT 234 GT Menggunakan Finite Element Method - International Journal of Marine Engineering Innovation and Research (IJMEIR Journal)

Huda, Nurul (2022) Analisis Pada Geladak Kapal Konversi SPOB Menjadi LCT 234 GT Menggunakan Finite Element Method - International Journal of Marine Engineering Innovation and Research (IJMEIR Journal). Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.

[img] Text
09181051_cover.pdf

Download (445kB)
[img] Text
09181051_abstract_en.pdf
Restricted to Registered users only until 1 October 2023.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
09181051_abstract_id.pdf

Download (1MB)
[img] Text
09181051_chapter_1.pdf
Restricted to Registered users only until 1 October 2023.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
09181051_chapter_3.pdf
Restricted to Registered users only until 1 October 2023.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
09181051_conclusions.pdf
Restricted to Registered users only until 1 October 2023.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
09181051_bibliography.pdf
Restricted to Registered users only until 1 October 2023.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
09181051_paper.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (10MB) | Request a copy
[img] Text
09181051_form020.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (92kB) | Request a copy
[img] Text
09181051_chapter_2.pdf
Restricted to Registered users only until 1 October 2023.

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
09181051_chapter_4.pdf
Restricted to Registered users only until 1 October 2023.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Landing Craft Tank (LCT) merupakan salah satu transportasi laut yang berfungsi untuk membawa berbagai jenis muatan kargo maupun alat berat tambang yang berat dan memiliki ukuran yang besar. Pada bangunan kapal, struktur konstruksi pada kapal tidak hanya dirancang untuk dapat menerima beban dari muatan yang diangkut tetapi juga harus mampu menahan beban dari luar yang diakibatkan oleh gelombang. Dengan dilakukannya modifikasi kapal Self-Propelled Oil Barge (SPOB) menjadi Landing Craft Tank (LCT), proses perhitungan dan perencanaan pada struktur deck kapal Landing Craft Tank (LCT) sangatlah perlu diperhatikan kekuatan tegangan dan regangannya agar dapat memenuhi faktor keamanan yang telah ditetapkan sesuai dengan rules yang berlaku. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai tegangan izin maksimum yang diizinkan dan faktor keamanan dari struktur modifikasi konstruksi deck kapal Landing Craft Tank (LCT). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode elemen hingga (finite element method). Pada penelitian ini menggunakan 2 variasi jenis penumpu “Tee Bar” dan “Angle Bar”. Hasil penelitian ini nilai tegangan maksimum yang bekerja pada geladak kapal dengan variasi profil “Angle Bar” sebesar 152,64 MPa dan nilai regangan maksimum sebesar 0,00072686 mm/mm. Nilai tegangan maksimum yang bekerja pada geladak kapal untuk variasi profil “Tee Bar” sebesar 147,63 MPa dan nilai regangan maksimum sebesar 0,000703 mm/mm. Nilai Safety Factor berdasarkan kriteria bahan pada geladak kapal didapat dengan membandingkan antara nilai tegangan luluh material dan tegangan maksimum yang bekerja harus lebih besar dari pada 1, maka pada konstruksi geladak dengan variasi jenis profil “Angle Bar” sebesar 2,326 dan untuk variasi jenis profil “Tee Bar” 2,405 dikategorikan aman. Sedangkan untuk Safety Factor berdasarkan rules BKI untuk variasi jenis profil “Angle Bar” sebesar 1,638 dan untuk variasi jenis profil “Tee Bar” 1,693 dikategorikan aman.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
A General Works > AI Indexes (General)
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
A General Works > AZ History of Scholarship The Humanities
V Naval Science > V Naval Science (General)
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Jurusan Sains, Teknologi Pangan, dan Kemaritiman > Teknik Perkapalan
Depositing User: Nurul Huda
Date Deposited: 13 Jul 2022 07:28
Last Modified: 13 Jul 2022 07:28
URI: http://repository.itk.ac.id/id/eprint/18152

Actions (login required)

View Item View Item