Nur Amin, Khafid (2022) Analisis Keandalan Manajemen Perawatan dan Kerusakan dengan Metode Fault Tree Analysis (FTA) pada Bus Karyawan di PT. Putera Jahe Raya. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.
Text
03181032_cover.pdf Restricted to Repository staff only until 1 October 2023. Download (75kB) | Request a copy |
|
Text
03181032_abstract_en.pdf Restricted to Registered users only until 1 October 2023. Download (281kB) | Request a copy |
|
Text
03181032_abstract_id.pdf Restricted to Repository staff only until 1 October 2023. Download (282kB) | Request a copy |
|
Text
03181032_chapter_1.pdf Restricted to Registered users only until 1 October 2023. Download (425kB) | Request a copy |
|
Text
03181032_chapter_2.pdf Restricted to Registered users only until 1 October 2023. Download (604kB) | Request a copy |
|
Text
03181032_chapter_3.pdf Restricted to Registered users only until 1 October 2023. Download (332kB) | Request a copy |
|
Text
03181032_chapter_4.pdf Restricted to Registered users only until 1 October 2023. Download (861kB) | Request a copy |
|
Text
03181032_conclusions.pdf Restricted to Registered users only until 1 October 2023. Download (387kB) | Request a copy |
|
Text
03181032_bibliography.pdf Restricted to Registered users only until 1 October 2023. Download (501kB) | Request a copy |
|
Text
03181032_Form. TA-020.pdf Restricted to Repository staff only until 1 October 2023. Download (32kB) | Request a copy |
Abstract
Dalam dunia pertambangan banyak hal yang menunjang kelancaran berbagai kegiatan yang ada di dalamnya. Dalam kegiatan tersebut terdiri dari pengangkutan, pemindahan dan penggalian. Dari 3 proses tadi dibutuhkan beberapa kendaraan untuk melakukan kegiatan ini. Bus menjadi salah satu kendaraan yang sangat berdampak besar. Para operator harus diantarkan tepat waktu dengan nyaman, aman dan selamat sampai tujuan. Area pada pertambangan memiliki kondisi yang sangat tidak menentu dan cenderung rusak serta berlubang yang membuat perawatan pada kendaraan terutama bus menjadi perhatian. Parameter keandalan manajemen perawatan yang digunakan yaitu MTBF dan MTTR. Tujuan dari analisis ini adalah mengetahui nilai Mean Time Between Failures (MTBF) dan Mean Time To Repair (MTTR) serta penyebab kerusakan pada bus dengan Fault Tree Analysis (FTA) dan juga solusi perawatannya. Dari data yang didapatkan dan dilakukan perhitungan didapatkan Nilai MTBF tertinggi terjadi pada Triwulan III tahun 2021 yaitu sebesar 37,88 jam (5 hari 4 jam) bus baru akan mengalami kerusakan kembali sedangkan nilai MTBF terendah terjadi pada Triwulan I tahun 2020 yaitu sebesar 27,69 jam (4 hari) bus baru akan mengalami kerusakan kembali. Untuk nilai MTTR tertinggi terjadi pada Triwulan IV tahun 2020 yaitu sebesar 1,84 jam waktu perbaikan yang dibutuhkan untuk bus dapat kembali beroperasi sedangkan nilai MTTR terendah terjadi pada Triwulan III tahun 2021 yaitu sebesar 0,94 jam waktu yang dibutuhkan untuk bus dapat kembali beroperasi. Lalu didapatkan kerusakan yang terjadi dengan menggunakan fault tree analysis pada kerusakan bus memiliki basic event yang disebabkan kelalaian manusia, kondisi jalan, kondisi cuaca dan inspeksi yang kurang. Solusi perawatan yang diberikan yaitu time direct dimana perawatan untuk pencegahan kegagalan, conditional directed dimana perawatan dengan deteksi kerusakan dan failure finding dimana perawatan dilakukan dari penemuan kerusakan yang terjadi.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Jurusan Teknologi Industri dan Proses > Teknik Mesin |
Depositing User: | Khafid Nur Amin |
Date Deposited: | 18 Jul 2022 07:44 |
Last Modified: | 18 Jul 2022 07:44 |
URI: | http://repository.itk.ac.id/id/eprint/18291 |
Actions (login required)
View Item |