Ariani, Vidya Rezki (2022) Analisa Pengaruh Gelombang Terhadap Olah Gerak Kapal, Motion Sickness Incidence (MSI), dan Motion Induced Interruptions (MII) Pada Kapal Ferry Roro. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.
Text
09181070_cover.pdf Restricted to Repository staff only until 1 October 2024. Download (215kB) | Request a copy |
|
Text
09181070_abstract_en.pdf Restricted to Registered users only until 1 October 2024. Download (324kB) | Request a copy |
|
Text
09181070_abstract_id.pdf Restricted to Repository staff only until 1 October 2024. Download (329kB) | Request a copy |
|
Text
09181070_chapter_1.pdf Restricted to Registered users only until 1 October 2024. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
09181070_chapter_2.pdf Restricted to Registered users only until 1 October 2024. Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
09181070_chapter_3.pdf Restricted to Registered users only until 1 October 2024. Download (737kB) | Request a copy |
|
Text
09181070_chapter_4.pdf Restricted to Registered users only until 1 October 2024. Download (945kB) | Request a copy |
|
Text
09181070_conclusions.pdf Restricted to Registered users only until 1 October 2024. Download (948kB) | Request a copy |
|
Text
09181070_bibliography.pdf Restricted to Registered users only until 1 October 2024. Download (694kB) | Request a copy |
|
Text
09181070_paper.pdf Restricted to Repository staff only until 1 October 2024. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
09181070_form020.pdf Restricted to Repository staff only until 1 October 2024. Download (208kB) | Request a copy |
Abstract
Gelombang memberikan respon berupa gerakan kapal atau seakeeping, gelombang juga sangat berbahaya bagi kapal, crew dan penumpang dan akan menganggu kenyamanan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui RAO pada kapal Ferry Roro dengan variasi sudut 0°, 90°, dan 180° dan mengetahui indeks kenyamanan Motion Sickness Incidence (MSI) dan Motion Induced Interruption (MII) pada kapal Ferry Roro. Metode yang digunakan untuk menganalisis RAO menggunakan software maxsurf dengan sudut datang gelombang yang berbeda dan ketinggian gelombang 3 m dan 3,5 m. Dan untuk mengetahui indeks kenyamanan Motion Sickness Incidence (MSI) dan Motion Induced Interruptions (MII) dilakukan analisis pada deck penumpang, deck kendaraan, dan deck navigasi. Pada hasil analisis RAO ini sudah memenuhi kriteria batasan gerak kapal NORDFORSK 1987 pada sudut 0° dan 180°. Sedangkan untuk sudut 90° tidak memenuhi kriteria, dikarenakan gerakan roll melebihi 3,97° sampai 5,6° lebih besar dari batasan yang telah ditentukan. Dan mengacu pada standar ISO 2631, hasil analisa MSI pada kecepatan kapal 0 knot dan 12 knot dengan sudut 0°, 90° dan 180° pada ketiga titik lokasi, MSI Category (SM) masih pada kondisi moderat (layak). Sementara itu pada kecepatan 12 knot dengan sudut 180° MSI category (SM) menunjukkan bahwa keadaan kapal pada posisi waspada. Sedangkan hasil analisa MII pada kecepatan kapal 0 knot dan 12 knot pada sudut 0°, 180° pada ketiga titik lokasi menunjukkan bahwa keadaan MII pada kondisi possible (layak). Sedangkan pada kecepatan gelombang 0 knot dan 12 knot dengan sudut 90° pada titik lokasi deck penumpang dan deck kendaraan menunjukkan keadaan MII pada kondisi probable.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering |
Divisions: | Jurusan Sains, Teknologi Pangan, dan Kemaritiman > Teknik Perkapalan |
Depositing User: | Vidya Rezki Ariani |
Date Deposited: | 18 Jul 2022 03:39 |
Last Modified: | 18 Jul 2022 03:39 |
URI: | http://repository.itk.ac.id/id/eprint/18353 |
Actions (login required)
View Item |