Analisa Pengaruh Penyambungan Pengelasan SMAW terhadap Kekuatan Impact Baja A36 dengan Variasi Arus Pengelasan - Submit Journal/Konferensi

Melenia, Sri Leli (2022) Analisa Pengaruh Penyambungan Pengelasan SMAW terhadap Kekuatan Impact Baja A36 dengan Variasi Arus Pengelasan - Submit Journal/Konferensi. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.

[img] Text
09181064_cover.pdf

Download (453kB)
[img] Text
09181064_abstract_en.pdf
Restricted to Registered users only until 1 October 2023.

Download (224kB) | Request a copy
[img] Text
09181064_abstract_id.pdf

Download (224kB)
[img] Text
09181064_chapter_1.pdf
Restricted to Registered users only until 1 October 2023.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
09181064_chapter_2.pdf
Restricted to Registered users only until 1 October 2023.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
09181064_chapter_3.pdf
Restricted to Registered users only until 1 October 2023.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
09181064_chapter_4.pdf
Restricted to Registered users only until 1 October 2023.

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
09181064_conclusions.pdf
Restricted to Registered users only until 1 October 2023.

Download (803kB) | Request a copy
[img] Text
09181064_bibliography.pdf
Restricted to Registered users only until 1 October 2023.

Download (400kB) | Request a copy
[img] Text
09181064_paper.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
09181064_form020.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (40kB) | Request a copy

Abstract

Banyaknya kapal yang melintas di jalur perairan Indonesia mengakibatkan sering terjadinya kecelakaan kapal. Kecelakaan kapal berupa tabrakan mengakibatkan kapal menerima beban kejut atau Impact. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sambungan pengelasan SMAW terhadap kekuatan Impact dan untuk mengetahui pengaruh yang ditimbulkan pada pemberian beban Impact terhadap struktur patahan material baja ASTM A36. Penelitian ini disusun berdasarkan teori pengelasan, teori material baja dan elektroda, serta teori pengujian Impact. Dengan menggunakan variasi kuat arus, metode Charpy test dipilih untuk mengukur ketahanan Impact baja A36. Terjadi kenaikan energi terserap dan kekuatan Impact pada setiap variasi arus, namun kenaikan ini tidak konstan. Dimana pada kuat arus 125 A terjadi kenaikan E sebesar 4,35 Joule dan HI sebesar 0,054375 J/〖mm〗^2 dibanding kuat arus 100 A. Tetapi, pada kuat arus 150 A hanya terjadi kenaikan E sebesar 0,1 Joule sedangkan untuk kenaikan nilai HI sebesar 0,00125 J/〖mm〗^2 dibandingkan dengan kuat arus 125 A. Struktur patahan atau jenis patahan dari 9 buah spesimen dengan variasi kuat arus pengelasan 100 Ampere, 125 Ampere, dan 150 Ampere adalah jenis patahan fibrous fracture. Patahan ini memiliki visual permukaan yang berserat dan adanya cekungan atau dimple yang menyerap cahaya sehingga permukaannya tampak buram. Jenis patahan ini juga sering disebut sebagai patah ulet.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Jurusan Sains, Teknologi Pangan, dan Kemaritiman > Teknik Perkapalan
Depositing User: Sri Leli Melenia
Date Deposited: 18 Jul 2022 03:47
Last Modified: 18 Jul 2022 03:47
URI: http://repository.itk.ac.id/id/eprint/18360

Actions (login required)

View Item View Item