Rizky Pratama, Reza (2023) Pengaruh Variasi Trim Terhadap Efisiensi Bahan Bakar Kapal Ferry GT 5300. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.
Text
09181056_cover.pdf Restricted to Registered users only until 1 October 2023. Download (437kB) | Request a copy |
|
Text
09181056_abstract_en.pdf Restricted to Registered users only until 1 October 2023. Download (731kB) | Request a copy |
|
Text
09181056_abstract_id.pdf Restricted to Registered users only until 1 October 2023. Download (777kB) | Request a copy |
|
Text
09181056_chapter_1.pdf Restricted to Registered users only until 1 October 2023. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
09181056_chapter_2.pdf Restricted to Registered users only until 1 October 2023. Download (9MB) | Request a copy |
|
Text
09181056_chapter_3.pdf Restricted to Registered users only until 1 October 2023. Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
09181056_chapter_4.pdf Restricted to Registered users only until 1 October 2023. Download (6MB) | Request a copy |
|
Text
09181056_conclusions.pdf Restricted to Registered users only until 1 October 2023. Download (868kB) | Request a copy |
|
Text
09181056_bibliography.pdf Restricted to Registered users only until 1 October 2023. Download (806kB) | Request a copy |
|
Text
09181056_paper.pdf Restricted to Repository staff only until 1 October 2023. Download (504kB) | Request a copy |
|
Text
09181056_Lembar Persetujuan Publikasi (From. TA-020).pdf Restricted to Registered users only until 1 October 2023. Download (31kB) | Request a copy |
Abstract
Aspek Faktor lingkungan yang berkaitan dengan pemanasan global menjadi faktor terpenting yang perlu diperhatikan faktor lain seperti kenaikan harga bahan bakar juga menjadi faktor yang perlu dipertimbangkan dalam pengoperasian suatu kapal sehingga owner atau perusahaan terkait dapat mengefisisensi biaya penggunaan bahan bakar, dan pada akhirnya penggunaan bahan bakar harus diminimalkan. Untuk menjawab itu semua perlu adanya metode yang digunakan dan metode optimalisasi trim adalah salah satu cara termudah dan paling terjangkau untuk mengoptimalkan kinerja kapal dan mengurangi konsumsi bahan bakar. Penelitian tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui trim yang paling optimum, Untuk menentukan penghematan konsumsi bahan bakar suatu kapal, maka perlu dilakukan perhitungan hambatan kapal. Pada tugas akhir ini tahanan kapal dihitung dengan menggunakan software Maxsurf Resistance, dan dari hasil perhitungan tahanan trim buritan didapatkan tahanan buritan lebih kecil dibandingkan dengan kondisi even keel dan trim haluan, hasil perhitungan bahan bakar. Trim buritan lebih hemat dalam hal konsumsi bahan bakar dibandingkan dengan even keel dan trim haluan, sehingga hasil yang diperoleh menjawab pertanyaan tugas akhir ini.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering |
Divisions: | Jurusan Sains, Teknologi Pangan, dan Kemaritiman > Teknik Perkapalan |
Depositing User: | Reza Rizky Pratama |
Date Deposited: | 19 Jul 2022 00:51 |
Last Modified: | 19 Jul 2022 00:51 |
URI: | http://repository.itk.ac.id/id/eprint/18758 |
Actions (login required)
View Item |