Ilham, Muhammad Fadillah (2022) PERANCANGAN DAN ANALISIS CHASSIS LADDER FRAME KENDARAAN LISTRIK MIGHTY ENGGANG KATEGORI PROTOTYPE UNTUK KONTES MOBIL HEMAT ENERGI (KMHE) DENGAN FINITE ELEMENT ANALYSIS (FEA). Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.
Text
03181046_cover.pdf Restricted to Repository staff only until 1 October 2023. Download (18kB) | Request a copy |
|
Text
03181046_abstract_en.pdf Restricted to Registered users only until 1 October 2023. Download (87kB) | Request a copy |
|
Text
03181046_abstract_id.pdf Restricted to Repository staff only until 1 October 2023. Download (88kB) | Request a copy |
|
Text
03181046_chapter_1.pdf Restricted to Registered users only until 1 October 2023. Download (209kB) | Request a copy |
|
Text
03181046_chapter_2.pdf Restricted to Registered users only until 1 October 2023. Download (389kB) | Request a copy |
|
Text
03181046_chapter_3.pdf Restricted to Registered users only until 1 October 2023. Download (402kB) | Request a copy |
|
Text
03181046_chapter_4.pdf Restricted to Registered users only until 1 October 2023. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
03181046_conclusions.pdf Restricted to Registered users only until 1 October 2023. Download (91kB) | Request a copy |
|
Text
03181046_bibliography.pdf Restricted to Registered users only until 1 October 2023. Download (210kB) | Request a copy |
|
Text
03181046_Lembar Persetujuan Publikasi Ilmiah (Form. TA-020).pdf Restricted to Registered users only until 1 October 2023. Download (33kB) | Request a copy |
Abstract
Kendaraan harus memiliki performa yang baik dari segi efisiensi, pengereman, sistem kemudi dan handling sebagai keselamatan pengemudi yang paling utama. Oleh karena itu perlu dilakukan perancangan desain chassis untuk mendapatkan hasil terbaik dengan melakukan variasi material dengan jenis material yang sering digunakan di industri untuk melihat hasil perbandingan dari tiap material yang paling kuat dan ringan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk melakukan perancangan chassis pada kategori prototype kendaraan listrik Mighty Enggang sesuai dengan regulasi Kompetisi Mobil Hemat Energi (KMHE) tahun 2021, menganalisis pengaruh material Aluminium Alloy 6061-T4, Aluminium Alloy 6063-T6, dan Aluminium Alloy 7075-T6 dengan hasil tegangan, deformasi, dan faktor keamanan pada chassis kendaraan listrik prototype Mighty Enggang kemudian untuk mengetahui perbandingan ketiga material yang dianalisis. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini yaitu nilai tegangan maksimum yang paling rendah 65.455 N/mm2 pada pembebanan vertikal, dan 95.214 N/mm2 pembebanan horizontal pada material Aluminium Alloy 6061-T4. Untuk nilai deformasi didapatkan nilai terkecil pada chassis yang menggunakan material AA 7075-T6 dengan nilai 1.1931 mm pada arah pembebanan vertikal dan 1.3691 mm pada pembebanan horizontal. Untuk faktor keamanan terkecil ada pada material AA 6061-T4, dan faktor keamanan tertinggi ada pada material AA 7075-T6.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Jurusan Teknologi Industri dan Proses > Teknik Mesin |
Depositing User: | Fadillah fadil ilham |
Date Deposited: | 19 Jul 2022 03:50 |
Last Modified: | 19 Jul 2022 03:50 |
URI: | http://repository.itk.ac.id/id/eprint/18786 |
Actions (login required)
View Item |