Ramadani, Silfiyana (2022) Penerapan Aljabar Max-Plus dalam Mengoptimalkan Pengaturan Sistem Antrian Traffic Light di Simpang Tiga Damai Kota Balikpapan - Submit Journal/Konferensi. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.
Text
02181037_cover.pdf Download (259kB) |
|
Text
02181037_abstract_en.pdf Restricted to Registered users only until 1 October 2023. Download (714kB) | Request a copy |
|
Text
02181037_abstract_id.pdf Download (713kB) |
|
Text
02181037_chapter_1.pdf Restricted to Registered users only until 1 October 2023. Download (683kB) | Request a copy |
|
Text
02181037_chapter_2.pdf Restricted to Registered users only until 1 October 2023. Download (830kB) | Request a copy |
|
Text
02181037_chapter_3.pdf Restricted to Registered users only until 1 October 2023. Download (458kB) | Request a copy |
|
Text
02181037_chapter_4.pdf Restricted to Registered users only until 1 October 2023. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
02181037_conclusions.pdf Restricted to Registered users only until 1 October 2023. Download (604kB) | Request a copy |
|
Text
02181037_bibliography.pdf Restricted to Registered users only until 1 October 2023. Download (561kB) | Request a copy |
|
Text
02181037_paper.pdf Restricted to Repository staff only until 1 October 2023. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
02181037_Lembar Persetujuan Publikasi Ilmiah (Form. TA-020).pdf Restricted to Repository staff only until 1 October 2023. Download (194kB) | Request a copy |
Abstract
Permasalahan yang sering terjadi di persimpangan jalan adalah kemacetan. Faktor penyebab kemacetan yaitu jumlah kendaraan yang meningkat tidak diimbangi dengan pelebaran ruas jalan pada jalur simpang. Permasalahan pada Simpang Tiga Damai yaitu pada saat jam-jam sibuk terjadinya antrian kendaraan cukup panjang sehingga menimbulkan kepadatan arus lalu lintas yang diakibatkan oleh bertambahnya volume kendaraan yang melintas. sehingga, perlunya upaya pencegahan agar tidak terjadi kemacetan yang semakin parah di persimpangan dengan dibuat pengaturan lalu lintas. Pada penelitian ini digunakan metode aljabar max-plus untuk pengaturan sistem traffic light di Simpang Tiga Damai Kota Balikpapan. Langkah-langkah dalam pengaturan sistem traffic light dengan aljabar max-plus yaitu dilakukan pembentukan graf yang merepresentasikan arus lalu lintas di Simpang Tiga Damai. Selanjutnya, disusun aturan sinkronisasi berdasarkan kondisi pengaturan traffic light di Simpang Tiga Damai yang menjadi acuan dalam menyusun model aljabar max-plus. Selanjutnya, dari model aljabar max-plus tersebut akan dihitung nilai eigen dan vektor eigen dengan menggunakan Algoritma Power. Nilai eigen yang diperoleh dari matriks pada model aljabar max-plus pukul 06.00-08.00 sebesar λ=42 dan waktu awal penyalaan lampu hijau pada V_2,V_4 dan V_6 yaitu x(0)=〖[0,10,15]〗^T dalam satuan detik. Nilai eigen dari matriks pada model aljabar max-plus pukul 16.00–18.00 sebesar λ=43,7 dan x(0)=〖[0,3.4 ,11.7]〗^T dalam satuan detik. Selanjutnya, berdasarkan analisis yang telah dilakukan maka diperoleh jadwal nyala lampu hijau pada pukul 06.00-08.00 WITA dan pukul 16.00-18.00 WITA serta data baru durasi nyala traffic light di Simpang Tiga Damai Kota Balikpapan. Hasil penelitian ini diperoleh rata-rata durasi nyala lampu merah pukul 06.00–08.00 dan pukul 16.00-18.00 memiliki selisih 3 detik lebih cepat dari data durasi Dinas Perhubungan Kota Balikpapan. Rata-rata durasi nyala lampu hijau pukul 16.00–18.00 memiliki selisih 0,1 detik lebih lama dari data durasi Dinas Perhubungan Kota Balikpapan.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AI Indexes (General) H Social Sciences > HE Transportation and Communications Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Jurusan Matematika dan Teknologi Informasi > Matematika |
Depositing User: | Silfiyana Ramadani |
Date Deposited: | 19 Jul 2022 03:57 |
Last Modified: | 19 Jul 2022 03:57 |
URI: | http://repository.itk.ac.id/id/eprint/18879 |
Actions (login required)
View Item |