Rancang Bangun Apikasi Modul Praktikum Rangkaian Listrik di Program Studi Teknik Elektro Institut Teknologi Kalimantan Berbasis Augmented Reality Menggunakan Unity 3D

Yosua, Tuwaidan (2022) Rancang Bangun Apikasi Modul Praktikum Rangkaian Listrik di Program Studi Teknik Elektro Institut Teknologi Kalimantan Berbasis Augmented Reality Menggunakan Unity 3D. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.

[img] Text
04161079_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
04161079_abstract_ en.pdf
Restricted to Registered users only until 1 July 2023.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
04161079_abstract_id.pdf

Download (1MB)
[img] Text
04161079_chapter_1_.pdf
Restricted to Registered users only until 1 October 2023.

Download (107kB) | Request a copy
[img] Text
04161079_chapter_2_.pdf
Restricted to Registered users only until 1 October 2023.

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text
04161079_chapter_3_compressed.pdf
Restricted to Registered users only until 3 October 2023.

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text
04161079_chapter_4_compressed.pdf
Restricted to Registered users only until 1 October 2023.

Download (654kB) | Request a copy
[img] Text
04161079_conclusions.pdf
Restricted to Registered users only until 1 October 2023.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
04161079_bibliography.pdf
Restricted to Registered users only until 1 October 2023.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
04161079_Lembar Persetujuan Publikasi Ilmiah.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 October 2023.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pada penelitian ini, dibangun aplikasi modul praktikum rangkaian listrik berbasis augmented reality menggunakan aplikasi Unity3D. Dimana aplikasi dibuat untuk memecahkan permasalahan pada kegiatan praktikum rangkaian listrik. Aplikasi yang dibuat memiliki fitur-fitur yang fitur tugas pendahuluan, fitur belajar menggunakan breadboard, fitur belajar menggunakan multimeter, fitur belajar menggunakan power supply, fitur modul praktikum, dan fitur absensi. Selain membuat aplikasi, dalam Tugas Akhir ini dilakukan beberapa uji coba yaitu uji coba aplikasi dengan metode blackbox testing, menguji tingkat kepuasaan pengguna dengan metode kuesioner dan uji coba aplikasi untuk melihat pengaruh cahaya lingkungan dan derajat kemiringan pada rentang jarak aplikasi mendeteksi marker. Dari hasil uji coba yang dilakukan untuk melihat pengaruh cahaya dan derajat kemiringan terhadap rentang jarak aplikasi mendeteksi marker, didapatkan bahwa intensitas cahaya lingkungan dan sudut kemiringan antara marker dan smartphone dapat memberi pengaruh terhadap rentang jarak aplikasi mendeteksi marker. Semakin gelap cahaya lingkungan, maka jarak deteksi akan semakin menurun atau jika sangat gelap akan menyebabkan aplikasi tidak dapat mendeteksi marker. Semakin kecil sudut kemiringan maka jarak deteksi akan semakin menurun dan jika sudut kemiringan terlalu kecil dapat menyebabkan aplikasi tidak dapat mendeteksi marker. Semakin tinggi resolusi sebuah smartphone maka semakin stabil jarak deteksi marker sebuah smartphone. Semakin canggih prosessor dari smartphone maka semakin cepat smartphone dapat mendeteksi marker. Dari hasil kuesioner yang disebarkan kepada lima orang responden, didapatkan hasil bahwa responden menilai aplikasi memiliki tampilan yang menarik dan mudah untuk digunakan, fitur dan tombol pada aplikasi dapat bekerja dengan baik pada smartphone responden dan fitur favorit yang dipilih oleh responden adalah fitur belajar alat dan fitur langkah praktikum. Kata kunci : Augmented Reality, marker, Human Computer Interaction, Rangkaian Listrik, Unity 3D

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Jurusan Teknologi Industri dan Proses > Teknik Elektro
Depositing User: Yosua Tuwaidan
Date Deposited: 20 Jul 2022 08:55
Last Modified: 20 Jul 2022 08:55
URI: http://repository.itk.ac.id/id/eprint/19003

Actions (login required)

View Item View Item