Mu'tasim, Muhammad Aqil (2023) ANALISIS AERODINAMIKA PADA DESAIN BODI MOBIL STUDENT AUTOMOTIVE ASSOCIATION MENGGUNAKAN METODE COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS - Submit Journal. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.
Text
03191055_cover.pdf Restricted to Repository staff only until 6 May 2024. Download (123kB) | Request a copy |
|
Text
03191055_abstract_en.pdf Restricted to Repository staff only until 6 May 2024. Download (340kB) | Request a copy |
|
Text
03191055_abstract_id.pdf Restricted to Repository staff only until 6 May 2024. Download (397kB) | Request a copy |
|
Text
03191055_chapter_1.pdf Restricted to Repository staff only until 6 May 2024. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
03191055_chapter_2.pdf Restricted to Repository staff only until 6 May 2024. Download (5MB) | Request a copy |
|
Text
03191055_chapter_3.pdf Restricted to Repository staff only until 6 May 2024. Download (5MB) | Request a copy |
|
Text
03191055_chapter_4.pdf Restricted to Repository staff only until 6 May 2024. Download (9MB) | Request a copy |
|
Text
03191055_conclusions.pdf Restricted to Repository staff only until 6 May 2024. Download (655kB) | Request a copy |
|
Text
03191055_bibliography.pdf Restricted to Repository staff only until 6 May 2024. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
03191055_Lembar Persetujuan Publikasi Ilmiah_(Form. TA-020).pdf Restricted to Repository staff only until 6 May 2024. Download (105kB) | Request a copy |
Abstract
Tingginya penggunaan kendaraan bermotor sebagai moda transportasi utama di Indonesia menyebabkan meningkatnya kebutuhan bahan bakar fosil sebagai sumber energi. Oleh karena itu, perlu dilakukannya upaya dalam menghemat pemakaian bahan bakar minyak melalui pengembangan inovasi dan teknologi. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE), mendorong mahasiswa untuk berinovasi menghadirkan berbagai teknologi otomotif yang hemat energi, aman, dan ramah lingkungan. Dalam perlombaan ini, perwakilan mahasiswa Institut Teknologi Kalimantan (ITK) yang tergabung dalam Student Automotive Association (SAA) berusaha merancang mobil yang memiliki tingkat efisiensi bahan bakar yang tinggi. Salah satu aspek yang sangat berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar kendaraan adalah aerodinamis. Analisis aerodinamika pada mobil urban SAA dilakukan dengan metode simulasi Computational Fluid Dynamics (CFD) menggunakan variasi kecepatan kendaraan yaitu 20, 40, 60, 80, dan 100 km/jam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perubahan kecepatan serta bentuk bodi terhadap koefisien drag, koefisien lift, dan koefisien side pada desain bodi mobil SAA. Selain itu, untuk menentukan desain bodi terbaik yang akan digunakan maka pada penelitian ini dilakukan penilaian beberapa desain bodi berdasarkan hasil simulasi Computational Fluid Dynamics. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini yaitu perubahan kecepatan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perubahan nilai koefisien drag. Sedangkan bentuk bodi sangat berpengaruh terhadap koefisien drag, koefisien lift, dan koefisien side akibat distribusi tekanan aliran udara di sekitar bodi. Selain itu, berdasarkan analisis perbandingan hasil simulasi menggunakan scooring concept didapatkan nilai relatif tertinggi diperoleh pada desain B yaitu 43,33%. Oleh karena itu, desain B terpilih sebagai desain terbaik.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Jurusan Teknologi Industri dan Proses > Teknik Mesin |
Depositing User: | Muhammad Aqil Mu'tasim |
Date Deposited: | 26 Jan 2023 05:16 |
Last Modified: | 26 Jan 2023 05:16 |
URI: | http://repository.itk.ac.id/id/eprint/19245 |
Actions (login required)
View Item |