Hidayah, Siti Nurdiana Imatul (2024) Analisis Stabilitas Kapal Nelayan dengan Alat Tangkap Bubu di Perairan Kutai Kartanegara - Submit Journal/Konferensi. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.
Text
09191063_cover.pdf Download (62kB) |
|
Text
09191063_abstract_en.pdf Restricted to Registered users only until 6 May 2024. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
09191063_abstract_id.pdf Download (1MB) |
|
Text
09191063_chapter_1.pdf Restricted to Registered users only until 6 May 2024. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
09191063_chapter_2.pdf Restricted to Registered users only until 6 May 2024. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
09191063_chapter_3.pdf Restricted to Registered users only until 6 May 2024. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
09191063_chapter_4.pdf Restricted to Registered users only until 6 May 2024. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
09191063_conclusions.pdf Restricted to Registered users only until 6 May 2024. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
09191063_bibliography.pdf Restricted to Registered users only until 6 May 2024. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
09191063_paper.pdf Restricted to Repository staff only until 6 May 2024. Download (643kB) | Request a copy |
|
Text
09191063_Lembar Persetujuan Publikasi Ilmiah (Form.TA-020).pdf Restricted to Repository staff only until 6 May 2024. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pembangunan kapal nelayan dengan alat tangkap bubu di Kelurahan Nenang Kabupaten Penajam Paser Utara dibagun secara tradisional dengan keahlian yang diwariskan turun temurun dan pembuatannya dilakukan tidak berdasarkan perhitungan naval architect. Alat tangkap yang dimuat diatas kapal juga memiliki bobot yang cukup berat dengan kondisi pembebanan yang bervariasi, sehingga kapal memiliki letak titik berat yang beragam serta stabilitas yang tidak menentu. Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji kelayakan stabilitas utuh kapal nelayan dengan alat tangkap bubu yang dimana melakukan operasi pelayaran ke daerah Perairan Kutai Kartanegara. Pada penelitian ini dilakukan analisis stabilitas pada 5 variasi pemuatan kapal dengan tujuan untuk menghasilkan kurva stabilitas dengan bantuan perangkat lunak menggunakan rumus Australian NCVS part-6, stability comprehensive criteria of general application to all vessels. Dari hasil penelitian area kurva stabilitas pada kemiringan 0°-30°dan 0°-40° tidak memenuhi kriteria sebab nilai aktual berada dibawah nilai minimum sedangkan seluruh nilai GM aktual berada di atas GM minimum serta nilai GZ maksimum aktual terjadi di atas kemiringan 15°. Sementara perhitungan periode oleng berdasarkan aturan IMO (International Maritime Organization) yang terjadi pada kapal berdasarkan kelima kondisi pembeban yang terjadi berkisar 2.98 – 5.06 detik.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering |
Divisions: | Jurusan Sains, Teknologi Pangan, dan Kemaritiman > Teknik Perkapalan |
Depositing User: | Siti Nurdiana Hidayah |
Date Deposited: | 30 Jan 2023 06:21 |
Last Modified: | 30 Jan 2023 06:21 |
URI: | http://repository.itk.ac.id/id/eprint/19303 |
Actions (login required)
View Item |