Prediksi Minat Mahasiswa Teknik Industri Institut Teknologi Kalimantan terhadap Pembelajaran Hybrid dengan Pendekatan SEM-DNN

Muqoffi, Ahmad Kamil (2023) Prediksi Minat Mahasiswa Teknik Industri Institut Teknologi Kalimantan terhadap Pembelajaran Hybrid dengan Pendekatan SEM-DNN. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.

[img] Text
12191009_abstact_id.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (46kB) | Request a copy
[img] Text
12191009_abstract_en.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (46kB) | Request a copy
[img] Text
12191009_approval_sheet.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (304kB) | Request a copy
[img] Text
12191009_bibliography.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text
12191009_chapter_1.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (259kB) | Request a copy
[img] Text
12191009_chapter_2.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (409kB) | Request a copy
[img] Text
12191009_chapter_3.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (665kB) | Request a copy
[img] Text
12191009_chapter_4.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (932kB) | Request a copy
[img] Text
12191009_conclusions.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (86kB) | Request a copy
[img] Text
12191009_cover.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (50kB) | Request a copy
[img] Text
12191009_enclosure.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (821kB) | Request a copy
[img] Text
12191009_form020.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (653kB) | Request a copy
[img] Text
12191009_illustrations.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (66kB) | Request a copy
[img] Text
12191009_paper.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (434kB) | Request a copy
[img] Text
12191009_preface.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (137kB) | Request a copy
[img] Text
12191009_presentation.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
12191009_publishing_agreement.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (333kB) | Request a copy
[img] Text
12191009_statement_of_authenticity.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (287kB) | Request a copy
[img] Text
12191009_table_of_content.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (122kB) | Request a copy
[img] Text
12191009_tables.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (65kB) | Request a copy

Abstract

Pandemi COVID-19 sangat berdampak dalam sektor pendidikan. Proses belajar mengajar yang awalnya dilaksanakan secara luring beralih menjadi daring. Menurunnya angka COVID-19 pada pertengahan tahun 2021 membuat pemerintah mengeluarkan kebijakan baru, salah satunya dengan membuka kembali universitas atau institut. Hybrid learning merupakan salah satu metode pembelajaran yang digunakan civitas akademika dalam mendukung pembelajaran setelah meredanya pandemi. Penelitian ini dilakukan untuk melihat persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran hybrid yang telah dilaksanakan sebelumnya dengan tidak adanya pandemi dan proses pembelajaran kembali dilaksanakan secara luring. Penelitian ini menggunakan integrasi antara dua metode yaitu, stuctural equation modelling (SEM) dan deep neural networks (DNN). Kedua metode tersebut digunakan untuk memvalidasi model yang digunakan, mengetahui prediktor yang signifikan dalam model yang digunakan serta dapat memprediksi minat mahasiswa terhadap pembelajaran hybrid. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini yaitu konseptual model yang digunakan merupakan model yang fit berdasarkan metode SEM dengan nilai CFI sebesar 0,901, RMSEA sebesar 0,069, dan SRMR sebesar 0,072. Didapatkan juga hasil prediksi menggunakan metode DNN dengan akurasi terbesar sebesar 82,40%, dimana mayoritas responden memilih kategori setuju dengan pembelajaran hybrid yang menunjukkan minat tinggi dari para responden terhadap penerapan pembelajaran hybrid dalam sistem perkuliahan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Jurusan Teknologi Industri dan Proses > Teknik Industri
Depositing User: Ahmad Kamil Muqoffi
Date Deposited: 10 Jul 2023 03:23
Last Modified: 10 Jul 2023 03:23
URI: http://repository.itk.ac.id/id/eprint/19548

Actions (login required)

View Item View Item