Adhitya, Restu (2023) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI KLINIK ENDRA BERSAMA BONTANG DENGAN METODE SERVICE QUALITY DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.
Text
12181060_cover.pdf Restricted to Repository staff only until 7 January 2025. Download (248kB) | Request a copy |
|
Text
12181060_statement_of_authenticity.pdf Restricted to Repository staff only until 7 January 2025. Download (125kB) | Request a copy |
|
Text
12181060_publishing_agreement.pdf Restricted to Repository staff only until 7 January 2025. Download (173kB) | Request a copy |
|
Text
12181060_approval_sheet.pdf Restricted to Repository staff only until 7 January 2025. Download (212kB) | Request a copy |
|
Text
12181060_preface.pdf Restricted to Repository staff only until 7 January 2025. Download (233kB) | Request a copy |
|
Text
12181060_abstract_id.pdf Restricted to Repository staff only until 7 January 2025. Download (287kB) | Request a copy |
|
Text
12181060_abstract_en.pdf Restricted to Repository staff only until 7 January 2025. Download (230kB) | Request a copy |
|
Text
12181060_table_of_content.pdf Restricted to Repository staff only until 7 January 2025. Download (239kB) | Request a copy |
|
Text
12181060_illustrations.pdf Restricted to Repository staff only until 7 January 2025. Download (235kB) | Request a copy |
|
Text
12181060_tables.pdf Restricted to Repository staff only until 7 January 2025. Download (237kB) | Request a copy |
|
Text
12181060_chapter_1.pdf Restricted to Repository staff only until 7 January 2025. Download (331kB) | Request a copy |
|
Text
12181060_chapter_2.pdf Restricted to Repository staff only until 7 January 2025. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
12181060_chapter_3.pdf Restricted to Repository staff only until 7 January 2025. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
12181060_chapter_4.pdf Restricted to Repository staff only until 7 January 2025. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
12181060_conclusions.pdf Restricted to Repository staff only until 7 January 2025. Download (246kB) | Request a copy |
|
Text
12181060_bibliography.pdf Restricted to Repository staff only until 7 January 2025. Download (241kB) | Request a copy |
|
Text
12181060_enclosure.pdf Restricted to Repository staff only until 7 January 2025. Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
12181060_presentation.pdf Restricted to Repository staff only until 7 January 2025. Download (797kB) | Request a copy |
|
Text
12181060_Form. TA-020.pdf Restricted to Repository staff only until 7 January 2025. Download (140kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena adanya permasalahan pelayanan kesehatan di Klinik Endra Bersama, yaitu para pasien mengeluhkan waktu pelayanan yang lama, tenaga kesehatan di klinik yang kurang ramah, serta dokter yang sering terlambat dari jam pelayanannya. Berdasarkan observasi awal, Klinik Endra Bersama belum pernah melakukan survei mengenai kualitas pelayanan klinik sehingga belum diketahui apakah pelayanan di klinik sudah baik atau belum. Maka dari itu, dilakukannya penelitian ini adalah untuk menganalisis kualitas pelayanan kesehatan di Klinik Endra Bersama dengan Metode Service Quality dan Importance Performance Analysis. Responden dalam penelitian kali ini sebanyak456 responden. Setelah melakukan perhitungan dengan metode service quality, ditemukan bahwa nilai gap kualitas pelayanan Klinik Endra Bersama dihitung rata-rata dari kelima dimensi sebesar -0,38. Dimana rincian nilai gap pada Poli Umum, Poli KIA, dan Poli Gigi adalah -0,42;-0,46;-0,25. Hal ini membuktikan bahwa pelayanan yang diberikan oleh Klinik Endra Bersama berdasarkan kelima dimensi pelayanan masih belum dapat dikatakan baik karena belum memenuhi harapan layanan yang diinginkan oleh para pasien. Maka dari itu, perlu dilakukan perbaikan dan peningkatan kualitas pelayanan agar nilai gap semakin kecil. Sedangkan hasil penelitian yang diperoleh dari perhitungan dengan metode Importance Performance Analysis adalah didapatkan rekomendasi atribut prioritasyang harus ditingkatkan terkait kualitas pelayanan pada pasien di Klinik Endra Bersama secara keseluruhan adalah atribut D1P2 tentang “Ruang tunggu yang tersedia nyaman, wangi, dan bersih”, D1P5 tentang “Petugas klinik tela berada di ruangan saat jam praktik dimulai”, dan D2P11 tentang “Klinik telah memberikan pelayanan yang sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan”. Adapun rincianatribut prioritas pada masing-masing poli yaitu atribut D1P5 untuk Poli Umum, atribut D1P5 dan D2P11 untuk Poli KIA, serta atribut D1P2, D1P5, dan D2P11 untuk Poli Gigi.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Jurusan Teknologi Industri dan Proses > Teknik Industri |
Depositing User: | Restu Adhitya |
Date Deposited: | 12 Jul 2023 02:32 |
Last Modified: | 12 Jul 2023 02:32 |
URI: | http://repository.itk.ac.id/id/eprint/19590 |
Actions (login required)
View Item |