ANALISIS KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI KLINIK ENDRA BERSAMA BONTANG DENGAN METODE SERVICE QUALITY DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS

Adhitya, Restu (2023) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI KLINIK ENDRA BERSAMA BONTANG DENGAN METODE SERVICE QUALITY DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.

[img] Text
12181060_cover.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text
12181060_statement_of_authenticity.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (125kB) | Request a copy
[img] Text
12181060_publishing_agreement.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text
12181060_approval_sheet.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text
12181060_preface.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (233kB) | Request a copy
[img] Text
12181060_abstract_id.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (287kB) | Request a copy
[img] Text
12181060_abstract_en.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (230kB) | Request a copy
[img] Text
12181060_table_of_content.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (239kB) | Request a copy
[img] Text
12181060_illustrations.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (235kB) | Request a copy
[img] Text
12181060_tables.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (237kB) | Request a copy
[img] Text
12181060_chapter_1.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (331kB) | Request a copy
[img] Text
12181060_chapter_2.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
12181060_chapter_3.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
12181060_chapter_4.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
12181060_conclusions.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (246kB) | Request a copy
[img] Text
12181060_bibliography.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (241kB) | Request a copy
[img] Text
12181060_enclosure.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
12181060_presentation.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (797kB) | Request a copy
[img] Text
12181060_Form. TA-020.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (140kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena adanya permasalahan pelayanan kesehatan di Klinik Endra Bersama, yaitu para pasien mengeluhkan waktu pelayanan yang lama, tenaga kesehatan di klinik yang kurang ramah, serta dokter yang sering terlambat dari jam pelayanannya. Berdasarkan observasi awal, Klinik Endra Bersama belum pernah melakukan survei mengenai kualitas pelayanan klinik sehingga belum diketahui apakah pelayanan di klinik sudah baik atau belum. Maka dari itu, dilakukannya penelitian ini adalah untuk menganalisis kualitas pelayanan kesehatan di Klinik Endra Bersama dengan Metode Service Quality dan Importance Performance Analysis. Responden dalam penelitian kali ini sebanyak456 responden. Setelah melakukan perhitungan dengan metode service quality, ditemukan bahwa nilai gap kualitas pelayanan Klinik Endra Bersama dihitung rata-rata dari kelima dimensi sebesar -0,38. Dimana rincian nilai gap pada Poli Umum, Poli KIA, dan Poli Gigi adalah -0,42;-0,46;-0,25. Hal ini membuktikan bahwa pelayanan yang diberikan oleh Klinik Endra Bersama berdasarkan kelima dimensi pelayanan masih belum dapat dikatakan baik karena belum memenuhi harapan layanan yang diinginkan oleh para pasien. Maka dari itu, perlu dilakukan perbaikan dan peningkatan kualitas pelayanan agar nilai gap semakin kecil. Sedangkan hasil penelitian yang diperoleh dari perhitungan dengan metode Importance Performance Analysis adalah didapatkan rekomendasi atribut prioritasyang harus ditingkatkan terkait kualitas pelayanan pada pasien di Klinik Endra Bersama secara keseluruhan adalah atribut D1P2 tentang “Ruang tunggu yang tersedia nyaman, wangi, dan bersih”, D1P5 tentang “Petugas klinik tela berada di ruangan saat jam praktik dimulai”, dan D2P11 tentang “Klinik telah memberikan pelayanan yang sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan”. Adapun rincianatribut prioritas pada masing-masing poli yaitu atribut D1P5 untuk Poli Umum, atribut D1P5 dan D2P11 untuk Poli KIA, serta atribut D1P2, D1P5, dan D2P11 untuk Poli Gigi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Jurusan Teknologi Industri dan Proses > Teknik Industri
Depositing User: Restu Adhitya
Date Deposited: 12 Jul 2023 02:32
Last Modified: 12 Jul 2023 02:32
URI: http://repository.itk.ac.id/id/eprint/19590

Actions (login required)

View Item View Item