ANALISIS STATIS TUBULAR SPACE FRAME ENGGANG EVO 4 UNTUK FESC MENGGUNAKAN FINITE ELEMENT ANALYSIS-Submit JURNAL TECHNO

Sutrisno, Ricky Rudy (2023) ANALISIS STATIS TUBULAR SPACE FRAME ENGGANG EVO 4 UNTUK FESC MENGGUNAKAN FINITE ELEMENT ANALYSIS-Submit JURNAL TECHNO. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.

[img] Text
03191071_abstract_en.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (189kB) | Request a copy
[img] Text
03191071_abstract_id.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (190kB) | Request a copy
[img] Text
03191071_approval_sheet.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (234kB) | Request a copy
[img] Text
03191071_bibliography.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text
03191071_chapter_1.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (225kB) | Request a copy
[img] Text
03191071_chapter_2.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (722kB) | Request a copy
[img] Text
03191071_chapter_3.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (799kB) | Request a copy
[img] Text
03191071_chapter_4.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
03191071_conclusions.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (143kB) | Request a copy
[img] Text
03191071_cover.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (103kB) | Request a copy
[img] Text
03191071_enclosure.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
03191071_illustrations.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text
03191071_notations.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (250kB) | Request a copy
[img] Text
03191071_paper.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
03191071_preface.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text
03191071_publishing_agreement.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (354kB) | Request a copy
[img] Text
03191071_statement_of_authenticity.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text
03191071_table_of_conten.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (197kB) | Request a copy
[img] Text
03191071_tables.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (250kB) | Request a copy
[img] Text
03191071_Form. TA-020.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (68kB) | Request a copy
[img] Text
03191071_presentation.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Performa yang baik dari segi efisiensi, pengereman, sistem kemudi dan handling merupakan syarat yang harus dimiliki oleh suatu kendaraan sebagai bentuk keselamatan pengemudi. Salah satu pendukung kendaraan tersebut adalah chassis. Oleh sebab itu, perlu dilakukan analisis statis pada desain chassis untuk mendapatkan hasil terbaik dengan melakukan variasi material dengan jenis material yang sering digunakan di industri untuk melihat hasil perbandingan dari tiap material yang paling kuat dan ringan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis chassis pada kendaraan listrik Enggang EVO 4 untuk Formula Electric Student Competition dengan menganalisis perbandingan variasi material ASTM A36, AISI 1020, dan Aluminium Alloy 6061-T4 dengan hasil tegangan, defleksi, dan faktor keamanan pada chassis. Analisis dilakukan dengan memberikan pembebanan vertikal, pembebanan pada struktur utama frame serta beban torsional. Metode yang digunakan dalam pengambilan data adalah Finite element analysis menggunakan software CAD. Besar pembebanan yang diberikan diasumsikan dengan berat total dari kendaraan sebagai acuan. Hasil analisis dengan tegangan tertinggi terjadi pada material ASTM A36 dengan nilai pada beban vertikal sebesar 104,5 MPa, beban torsional sebesar 376,23 MPa, beban side impact sebesar 2870 MPa, beban front bulkhead sebesar 611,53 MPa, beban pada main roll hoop arah X sebesar 1280,2 MPa, arah -Y sebesar 177,9 MPa, arah Z sebesar 1132,4 MPa dan pada front roll hoop arah X sebesar 405,16 MPa, arah -Y sebesar 236 MPa serta arah Z sebesar 1280,2 MPa. Perbandingan material menunjukkan hasil bahwa material AISI 1020 lebih baik digunakan karena mengalami tegangan rendah dengan nilai defleksi yang rendah juga serta faktor keamanan yang lebih tinggi dibandingkan dengan material lain namun beberapa hasil pembebanan menunjukkan nilai faktor keamanan yang rendah dan juga terdapat yang mengalami kegagalan di mana nilai tegangan yang terjadi melebihi nilai tegangan luluh yang diizinkan oleh tiap material. Sehingga pada struktur frame Enggang EVO 4. Perlu dilakukan perancangan kembali dengan memperhatikan struktur dan ketebalan profil.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TS Manufactures
Divisions: Jurusan Teknologi Industri dan Proses > Teknik Mesin
Depositing User: RICKY RUDY SUTRISNO
Date Deposited: 13 Jul 2023 06:19
Last Modified: 13 Jul 2023 06:19
URI: http://repository.itk.ac.id/id/eprint/19686

Actions (login required)

View Item View Item