Dwi Surya, Santaki (2025) RANCANG BANGUN SISTEM KENDALI MOTOR BLDC DENGAN METODE PID- FIREFLY ALGORITHM PADA PERAHU LISTRIK. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.
Text
04191019_cover.pdf Download (288kB) |
|
Text
04191019_statement_of_authenticity.pdf Download (471kB) |
|
Text
04191019_publishing_agreement.pdf Download (594kB) |
|
Text
04191019_approval_sheet.pdf Download (534kB) |
|
Text
04191019_preface.pdf Download (287kB) |
|
Text
04191019_abstract_id.pdf Download (201kB) |
|
Text
04191019_abstract_en.pdf Restricted to Repository staff only until 7 October 2025. Download (199kB) | Request a copy |
|
Text
04191019_table_of_content.pdf Restricted to Repository staff only until 7 October 2025. Download (240kB) | Request a copy |
|
Text
04191019_illustrations.pdf Restricted to Repository staff only until 7 October 2025. Download (231kB) | Request a copy |
|
Text
04191019_tables.pdf Restricted to Repository staff only until 7 October 2025. Download (220kB) | Request a copy |
|
Text
04191019_notations.pdf Restricted to Repository staff only until 7 October 2025. Download (204kB) | Request a copy |
|
Text
04191019_chapter_1.pdf Restricted to Repository staff only until 7 October 2025. Download (316kB) | Request a copy |
|
Text
04191019_chapter_2.pdf Restricted to Repository staff only until 7 October 2025. Download (778kB) | Request a copy |
|
Text
04191019_chapter_3.pdf Restricted to Repository staff only until 7 October 2025. Download (980kB) | Request a copy |
|
Text
04191019_chapter_4.pdf Restricted to Repository staff only until 7 October 2025. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
04191019_conclusions.pdf Restricted to Repository staff only until 7 October 2025. Download (207kB) | Request a copy |
|
Text
04191019_bibliography.pdf Download (212kB) |
|
Text
04191019_enclosure.pdf Restricted to Repository staff only until 7 October 2025. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
04191019_presentation.pdf Restricted to Repository staff only until 7 October 2025. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
04191019_Form. TA-020.pdf Restricted to Repository staff only until 7 October 2025. Download (488kB) | Request a copy |
Abstract
Perahu yang digunakan nelayan umumnya memanfaatkan mesin diesel untuk menggerakkan baling-baling (propeller) agar perahu dapat bergerak atau berpindah posisi. Penggunaan mesin diesel menjadi permasalahan bagi nelayan karena memiliki dampak negatif. Oleh karena itu diperlukan penggantian mesin diesel menjadi mesin listrik salah satunya adalah motor BLDC. Untuk meningkatkan performa motor BLDC diperlukan pengendalian agar motor BLDC dapat lebih cepat dalam mencapai kecepatan setpoint-nya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah PID-Firefly Algorithm. Kecepatan yang digunakan untuk menggerakkan perahu listrik pada penelitian ini yaitu 40% (192 rpm), 70% (336 rpm), dan 100% (480 rpm). Kemudian didapatkan nilai parameter PID terbaik untuk sistem ini yaitu Kp sebesar 5464.8974, Ki sebesar 235.9202, Kd sebesar 31647.4588. Hasil uji coba kecepatan motor BLDC dengan kendali PID-FA memiliki nilai error lebih kecil dibandingkan tanpa kendali, kecuali pada setpoint 100% (480 rpm) dengan kendali PID-FA sebesar 89,91 rpm sedangkan tanpa kendali sebesar 72,13 rpm. Hal ini bisa disebabkan oleh pembacaan yang kurang akurat akibat dari sensor yang tertutupi oleh air laut. Lalu hasil pengamatan respon pergerakan perahu dapat bergerak pada setpoint 70% (336 rpm), dan 100% (480 rpm).
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AI Indexes (General) A General Works > AM Museums (General). Collectors and collecting (General) A General Works > AS Academies and learned societies (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Jurusan Teknologi Industri dan Proses > Teknik Elektro |
Depositing User: | Dwi Surya Santaki |
Date Deposited: | 14 Jul 2023 08:02 |
Last Modified: | 14 Jul 2023 08:02 |
URI: | http://repository.itk.ac.id/id/eprint/19902 |
Actions (login required)
View Item |