Penjadwalan Ulang Reparasi Kapal SPOB NORLHA 122 GT Pada PT. Candi Pasifik Menggunakan Critical Path Method - Indonesian Journal of Maritime Technology

Winda, Meida Dwi Puspita (2023) Penjadwalan Ulang Reparasi Kapal SPOB NORLHA 122 GT Pada PT. Candi Pasifik Menggunakan Critical Path Method - Indonesian Journal of Maritime Technology. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.

[img] Text
09191043_cover.pdf

Download (63kB)
[img] Text
09191043_statement_of_authenticity.pdf

Download (954kB)
[img] Text
09191043_publishing_agreement.pdf

Download (1MB)
[img] Text
09191043_approval_sheet.pdf

Download (1MB)
[img] Text
09191043_preface.pdf

Download (825kB)
[img] Text
09191043_abstrac_id.pdf

Download (789kB)
[img] Text
09191043_abstrac_en.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (788kB) | Request a copy
[img] Text
09191043_table_of_content.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (821kB) | Request a copy
[img] Text
09191043_illustrations.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (807kB) | Request a copy
[img] Text
09191043_tables.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (808kB) | Request a copy
[img] Text
09191043_chapter_1pdf.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (886kB) | Request a copy
[img] Text
09191043_chapter_2 pdf.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
09191043_chapter_3 pdf.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (908kB) | Request a copy
[img] Text
09191043_chapter_4 pdf.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
09191043_conclusions.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (789kB) | Request a copy
[img] Text
09191043_bibliography.pdf

Download (851kB)
[img] Text
09191043_enclosure.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (799kB) | Request a copy
[img] Text
09191043_paper.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
09191043_presentation.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
09191043_Form. TA-020.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 January 2025.

Download (275kB) | Request a copy

Abstract

Pekerjaan industri galangan kapal tentunya membutuhkan penjadwalan proyek pekerjaan, termasuk pekerjaan reparasi kapal pada sebuah galangan. PT. Candi Pasifik yang merupakan salah satu galangan kapal di kalimantan timur. Penjadwalan merupakan bagian dari manajemen produksi dan membantu menggunakan waktu dengan baik sehingga dapat meningkatkan produktivitas galangan. Critical path method (CPM) dan crashing durasi memperoleh serangkaian kegiatan proyek yang lengkap dengan mengumpulkan kegiatan kerja yang saling berkesinambungan, dan metode ini dapat menghasilkan durasi pekerjaan yang lebih cepat dan dapat mencapai waktu yang efesien, tenaga dan biaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui selisih durasi reparasi antara penjadwalan utama dengan penjadwalan menggunakan Critical Path Method dan untuk mengetahui jumlah produktivitas pekerjaan reparasi kapal SPOB NORLHA 122 GT. Penelitian yang dilakukan yaitu pembuatan jaringan kerja, penentuan saat paling cepat terjadinya event (EET) dan saat paling lambat terjadinya event (LET), lintasan kritis dan waktu penyelesaiain proyek reparasi kapal. Dari hasil penelitian menggunakan metode CPM, maka didapatkan 13 kegiatan pada jalur kritis kemudian dilakukan crashing manpower sebanyak 6 orang menghasilkan durasi baru selama 8 har kerja dengan selisih 5 hari lebih cepat dari penjadwalan awal. Dan menghasilkan nilai produktivitas sebesar 3,44 m2/orang untuk pekerjaan Blasting, 2,30 m2/orang untuk pekerjaan Painting, dan 3,43 m2/orang untuk pekerjaan replating. Dan dilakukan Crashing penambahan tenaga kerja menghasilkan produktivitas crashing sebesar 165,28 m2 untuk pekerjaan Blasting, 110,18 m2 untuk pekerjaan Painting, dan 36,00 m2 untuk pekerjaan Replating.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: V Naval Science > V Naval Science (General)
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Jurusan Sains, Teknologi Pangan, dan Kemaritiman > Teknik Perkapalan
Depositing User: meida dwi puspita winda
Date Deposited: 21 Jul 2023 06:45
Last Modified: 21 Jul 2023 06:45
URI: http://repository.itk.ac.id/id/eprint/20060

Actions (login required)

View Item View Item