M. Isa, Maulana Syarif (2023) Analisis Stabilitas Kebocoran Terhadap Optimalisasi Trim Pada Kapal Feri 500 GT - Submit Jurnal/Seminar. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.
Text
09191040_cover.pdf Restricted to Repository staff only until 7 October 2025. Download (199kB) | Request a copy |
|
Text
09191040_statement_of_authenticity.pdf Restricted to Repository staff only until 7 October 2025. Download (164kB) | Request a copy |
|
Text
09191040_publishing_agreement.pdf Restricted to Repository staff only until 7 October 2025. Download (313kB) | Request a copy |
|
Text
09191040_approval_sheet.pdf Restricted to Repository staff only until 7 October 2025. Download (210kB) | Request a copy |
|
Text
09191040_preface.pdf Restricted to Repository staff only until 7 October 2202. Download (198kB) | Request a copy |
|
Text
09191040_abstract_id.pdf Restricted to Repository staff only until 7 October 2025. Download (178kB) | Request a copy |
|
Text
09191040_abstract_en.pdf Restricted to Repository staff only until 7 October 2025. Download (138kB) | Request a copy |
|
Text
09191040_table_of_content.pdf Restricted to Repository staff only until 7 October 2025. Download (139kB) | Request a copy |
|
Text
09191040_illustrations.pdf Restricted to Repository staff only until 7 October 2025. Download (269kB) | Request a copy |
|
Text
09191040_tables.pdf Restricted to Repository staff only until 7 October 2025. Download (128kB) | Request a copy |
|
Text
09191040_notations.pdf Restricted to Repository staff only until 7 October 2025. Download (111kB) | Request a copy |
|
Text
09191040_chapter_1.pdf Restricted to Repository staff only until 7 October 2025. Download (148kB) | Request a copy |
|
Text
09191040_chapter_2.pdf Restricted to Repository staff only until 7 October 2025. Download (502kB) | Request a copy |
|
Text
09191040_chapter_3.pdf Restricted to Repository staff only until 7 October 2025. Download (403kB) | Request a copy |
|
Text
09191040__chapter_4.pdf Restricted to Repository staff only until 7 October 2025. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
09191040_conclusions.pdf Restricted to Repository staff only until 7 October 2025. Download (116kB) | Request a copy |
|
Text
09191040_bibliography.pdf Restricted to Repository staff only until 7 October 2025. Download (112kB) | Request a copy |
|
Text
09191040_enclosure.pdf Restricted to Repository staff only until 7 October 2025. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
09191040_paper.pdf Restricted to Repository staff only until 7 October 2025. Download (302kB) | Request a copy |
|
Text
09191040_presentation.pdf Restricted to Registered users only until 7 October 2025. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
09191040_Form. TA-20.pdf Restricted to Repository staff only until 7 October 2025. Download (82kB) | Request a copy |
Abstract
Meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar dapat dilakukan dengan cara mengoptimalkan kondisi trim kapal. Kondisi trim buritan (trim by stern) terbukti bisa mengurangi hambatan kapal, yang berpengaruh terhadap peningkatan efisiensi bahan bakar. Namun, jika trim terlalu ekstrim berpengaruh terhadap titik berat kapal yang gampang berpindah. Pada penyelidikan KNKT, beberapa kasus kapal yang miring ataupun tenggelam diakibatkan oleh kompartemen mengalami kebocoran. Kebocoran kompartemen kapal akan mempengaruhi stabilitasnya. Jika stabilitas kebocoran kapal buruk, maka kapal kehilangan kemampuan untuk kembali ke posisi tegaknya. Pada penelitian ini, akan dianalisis stabilitas kebocoran kapal pada saat mengalami trim menggunakan pendekatan deterministik dengan menggunakan kriteria residual stability (stabilitas sisa) sesuai SOLAS,II 1/8. Penelitian ini akan menggunakan beberapa variasi trim untuk mengetahui trim yang paling optimal terhadap hambatan kapal. Variasi trim yang akan digunakan yaitu trim aktual, evenkeel, 0,1 m, 0,2 m, 0,3 m, 0,4 m, dan 0,5 m. Trim yang digunakan yaitu diatur trim by stern. Setelah didapatkan trim kapal yang optimal, lalu dilakukan analisis stabilitas utuh dan stabilitas kebocorannya. Analisis stabilitas kebocoran yang digunakan adalah metode deterministik. Skenario kebocoran yang akan digunakan yaitu skenario 1 kebocoran ruang kemudi, skenario 2 kamar mesin, skenario 3 ruang kemudi dan kamar mesin, skenario 4 Void 2, skenario 5 Void Fore, dan skenario 6 Void 2 dan Void Fore. Kemudian, akan dilakukan evaluasi dengan menggunakan kriteria stabilitas utuh yang terdapat pada “International Code On Intact Stability, 2009” dan stabilitas kebocoran sesuai dengan kriteria stabilitas sisa (residual stability) “SOLAS, II-1/8 8.2.3”. Variasi trim 0,3 m memiliki hambatan yang paling kecil jika dibandingjkan dengan variasi trim yang lainnya yaitu 51,4 kN, walaupun pada saat trim aktual 0,34 m tetap memiliki hambatan yang lebih kecil yaitu 50,8 kN. Pengaruh trim terhadap skenario ketika kapal mengalami kebocoran sangat signifikan. Pada saat kapal mengalami kebocoran, nilai GZ Curve memiliki nilai yang lebih rendah dibandingkan ketika tidak mengalami kebocoran. Karakteristik stabilitas kebocoran pada kondisi trim 0,3 m adalah semua kondisi kebocoran satu kompartemen masih memenuhi kriteria, pada kebocoran dua kompartemen bagian haluan masih memenuhi, namun pada bagian buritan tidak memenuhi. Hal yang sama juga terjadi pada skenario kebocoran pada kondisi trim aktual 0,34 m.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering |
Divisions: | Jurusan Sains, Teknologi Pangan, dan Kemaritiman > Teknik Perkapalan |
Depositing User: | M. Isa Maulana Syarif |
Date Deposited: | 24 Jul 2023 02:56 |
Last Modified: | 24 Jul 2023 02:56 |
URI: | http://repository.itk.ac.id/id/eprint/20086 |
Actions (login required)
View Item |