Rismawati, Rismawati (2024) ANALISIS TINGKAT PEMAHAMAN RAMBU LALU LINTAS PENGENDARA KENDARAAN BERMOTOR USIA REMAJA DENGAN METODE QUANTITATIVE ANALYSIS OF SITUATION AWARENESS (QUASA). Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.
Text
12201058_Cover.pdf Download (9MB) |
|
Text
12201058_ statement_of_authenticity.pdf Download (117kB) |
|
Text
12201058_publishing_agreement.pdf Download (138kB) |
|
Text
12201058_approval_sheet.pdf Download (139kB) |
|
Text
12201058_preface.pdf Download (178kB) |
|
Text
12201058_abstract_id.pdf Download (126kB) |
|
Text
12201058_abstract_en.pdf Restricted to Repository staff only until 12 December 2025. Download (128kB) | Request a copy |
|
Text
12201058_table_of_content.pdf Restricted to Repository staff only until 12 December 2025. Download (349kB) | Request a copy |
|
Text
12201058_illustrations.pdf Restricted to Repository staff only until 12 December 2025. Download (134kB) | Request a copy |
|
Text
12201058_tables.pdf Restricted to Repository staff only until 12 December 2025. Download (130kB) | Request a copy |
|
Text
12201058_notations.pdf Restricted to Repository staff only until 12 December 2025. Download (189kB) | Request a copy |
|
Text
12201058_appendix.pdf Restricted to Repository staff only until 12 December 2025. Download (174kB) | Request a copy |
|
Text
12201058_chapter_1.pdf Restricted to Repository staff only until 12 December 2025. Download (718kB) | Request a copy |
|
Text
12201058_chapter_2.pdf Restricted to Repository staff only until 12 December 2025. Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
12201058_chapter_3.pdf Restricted to Repository staff only until 12 December 2025. Download (772kB) | Request a copy |
|
Text
12201058_chapter_4.pdf Restricted to Repository staff only until 12 December 2025. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
12201058_chapter_5.pdf Restricted to Repository staff only until 12 December 2025. Download (124kB) | Request a copy |
|
Text
12201058_bibliography.pdf Download (551kB) |
|
Text
12201058_Paper.pdf Restricted to Repository staff only until 12 December 2025. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
12201058_Presentation.pdf Restricted to Repository staff only until 12 December 2025. Download (7MB) | Request a copy |
|
Text
12201058_form020.pdf Restricted to Repository staff only until 12 December 2025. Download (84kB) | Request a copy |
Abstract
Kecelakaan lalu lintas paling sering ditimbulkan oleh faktor kelalaian (human error) dari perilaku pengendara. Salah satu bentuk human error yang paling sering terjadi adalah kurang memahami atau mengabaikan aturan rambu lalu lintas, dengan persentase kecelakaan sebesar 39%. Kecelakaan lalu lintas menjadi penyebab kematian sebesar 2.5% pada kelompok usia 17-24 tahun di dunia. Menurut data Polda kalimantan timur, pada tahun 2022 terdapat 496 kasus laka lantas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat pemahaman pengendara kendaraan bermotor remaja tentang rambu lalu lintas. Metode dalam penelitian ini menggunakan Quantitative Analysis of Situation Awareness (QUASA) dengan respondensebanyak 398 remaja dari kelompok usia 17-24 tahun di Kota Balikpapan. Hasil penelitian menunjukkan perbandingan nilai Actual Situation Awareness (ASA) dan perceived situation awareness (PSA) sebesar 1,26 : 1. Lalu, tingkat confidence pada kalibrasi SA untuk pengendaran kendaraan bermotor karakteristik yang dominan under confidence sebesar 92,5%. Dimana pengendara laki laki memiliki karakteristik over confidence, dan pengendara kendaraan bermotor perempuan memiliki karakteristik under confidence. Namun, perbedaan jenis kelamin tidak mempengaruhi tingkat situation awareness pengendara kendaraan bermotor pada kondisi nyata. Terdapat jenis-jenis rambu memiliki perbedaan yang signifikan pada semua jenis rambu terhadap tingkat situation awareness kecuali antara rambu peringatan dan perintah. Hasil analisis IPA menunjukkan terdapat 5 rambu pada kuadran A sebagai prioritas utama yaitu lain larangan berhenti, perintah belok ke arah kanan, petunjuk lokasi fasilitas parkir, larangan masuk bagi kendaraan bermotor dan tidak bermotor, dan larangan mendekati kendaraan di depan dengan jarak sama atau kurang dari ...m. Dengan langkah perbaikan dilakukan melalui kegiatan sosialisasi guna meningkatan kesadaran dan keselamatan berkendara
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Jurusan Teknologi Industri dan Proses > Teknik Industri |
Depositing User: | Rismawati Rismawati |
Date Deposited: | 12 Dec 2023 06:58 |
Last Modified: | 12 Dec 2023 06:58 |
URI: | http://repository.itk.ac.id/id/eprint/20541 |
Actions (login required)
View Item |