Naldy, Jauhari Zahran (2024) Analisis Aerodinamika Airfoil NACA 0012 Dengan Variasi Swept Angle Menggunakan Metode Computational Fluid Dynamic (CFD). Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.
Text
03191045_cover.pdf Restricted to Repository staff only until 4 May 2026. Download (222kB) | Request a copy |
|
Text
03191045_statement_of_authenticity.pdf Restricted to Repository staff only until 4 May 2026. Download (159kB) | Request a copy |
|
Text
03191045_publishing_agreement.pdf Restricted to Repository staff only until 4 May 2026. Download (356kB) | Request a copy |
|
Text
03191045_approval_sheet.pdf Restricted to Repository staff only until 4 May 2026. Download (133kB) | Request a copy |
|
Text
03191045_preface.pdf Restricted to Repository staff only until 4 May 2026. Download (746kB) | Request a copy |
|
Text
03191045_abstract_id.pdf Restricted to Repository staff only until 4 May 2026. Download (791kB) | Request a copy |
|
Text
03191045_abstract_en.pdf Restricted to Repository staff only until 4 May 2026. Download (632kB) | Request a copy |
|
Text
03191045_table_of_content.pdf Restricted to Repository staff only until 4 May 2026. Download (641kB) | Request a copy |
|
Text
03191045_illustrations.pdf Restricted to Repository staff only until 4 May 2026. Download (796kB) | Request a copy |
|
Text
03191045_tables.pdf Restricted to Repository staff only until 4 May 2026. Download (630kB) | Request a copy |
|
Text
03191045_notations.pdf Restricted to Repository staff only until 4 May 2026. Download (908kB) | Request a copy |
|
Text
03191045_chapter_1.pdf Restricted to Repository staff only until 4 May 2026. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
03191045_chapter_2.pdf Restricted to Repository staff only until 4 May 2026. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
03191045_chapter_3.pdf Restricted to Repository staff only until 4 May 2026. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
03191045_chapter_4.pdf Restricted to Repository staff only until 4 May 2026. Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
03191045_conclusions.pdf Restricted to Repository staff only until 4 May 2026. Download (784kB) | Request a copy |
|
Text
03191045_bibliography.pdf Restricted to Repository staff only until 4 May 2026. Download (896kB) | Request a copy |
|
Text
03191045_enclosure.pdf Restricted to Repository staff only until 4 May 2026. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
03191045_paper.pdf Restricted to Repository staff only until 4 May 2026. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
03191045_Form. TA-020.pdf Restricted to Repository staff only until 4 May 2026. Download (199kB) | Request a copy |
Abstract
UAV adalah model model baru dalam bidang kedigantaraan, saat ini keunggulan dari pesawat tanpa awak dapat dikontrol dari jarak jauh. Airfoil merupakan suatu struktur aerodinamika yang digunakan baik pada sayap pesawat tanpa awak maupun mesin - mesin fluida seperti pompa, kompresor, dan turbin. Airfoil pada sayap pesawat digunakan untuk mengangkat badan pesawat. Perbedaan tekanan antara bagian atas dan bawah airfoil menyebabkan pesawat mendapat gaya angkat, peningkatan performa airfoil dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya yaitu mengubah sudut sapuan pada rentangan airfoil (swept angle). Pada umumnya semakin besar lift force yang dihasilkan akan menghasilkan drag force yang besar pula sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari adanya penambahan sudut swept angle terhadap nilai Coefficient lift to Coefficient drag ratio (CL/CD) untuk mengetahui nilai yang optimal dan distribusi tekanan yang terjadi pada airfoil, pengujian yang dilakukan menggunakan metode Computational Fluid Dynamics (CFD) menggunakan software ansys fluent dan menggunakan jenis airfoil NACA 0012, variasi sudut swept angle yang digunakan mulai dari 0°,15°, dan 30° dan sudut serang 12°. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini didapatkan nilai rasio CL/CD yang optimal terdapat pada sudut swept angle 30° dengan nilai 7.9656 dan hasil nilai distribusi tekanan yang diperoleh bahwa dengan bertambahnya sudut swept angle maka nilai distribusi tekanan yang terjadi pada airfoil akan berkurang. Kesimpulan yang diperoleh seiring dengan bertambahnya sudut swept angle nilai rasio CL/CD akan terus meningkat. Peningkatan sudut swept angle dapat menunda separasi aliran dan mengurangi luas wake region di sekitar trailing edge, sehingga didapatkan nilai rasio terbaik terjadi pada sudut swept angle 30°.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Jurusan Teknologi Industri dan Proses > Teknik Mesin |
Depositing User: | Jauhari Zahran Naldy |
Date Deposited: | 27 Dec 2023 05:00 |
Last Modified: | 27 Dec 2023 05:00 |
URI: | http://repository.itk.ac.id/id/eprint/20799 |
Actions (login required)
View Item |