Maulana, Aditia Aria (2024) PERANCANGAN TATA LETAK FASILITAS GUDANG KOMPONEN PERAWATAN KERETA LIGHT RAIL TRAINSIT JAKARTA, BOGOR, DEPOK DAN BEKASI (STUDI KASUS: PT INKA). Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.
Text
12191004_cover.pdf Restricted to Repository staff only until 12 January 2026. Download (145kB) | Request a copy |
|
Text
12191004_statment_of_authenticity.pdf Restricted to Repository staff only until 12 January 2026. Download (250kB) | Request a copy |
|
Text
12191004_publishing_agreement.pdf Restricted to Repository staff only until 12 January 2026. Download (252kB) | Request a copy |
|
Text
12191004_approval_sheet.pdf Restricted to Repository staff only until 12 January 2026. Download (373kB) | Request a copy |
|
Text
12191004_preface.pdf Restricted to Repository staff only until 12 January 2026. Download (303kB) | Request a copy |
|
Text
12191004_abstract_id.pdf Restricted to Repository staff only until 12 January 2026. Download (282kB) | Request a copy |
|
Text
12191004_abstract_en.pdf Restricted to Repository staff only until 12 January 2026. Download (235kB) | Request a copy |
|
Text
12191004_table_of_content.pdf Restricted to Repository staff only until 12 January 2026. Download (547kB) | Request a copy |
|
Text
12191004_illustrations.pdf Restricted to Repository staff only until 12 January 2026. Download (282kB) | Request a copy |
|
Text
12191004_tables.pdf Restricted to Repository staff only until 12 January 2026. Download (284kB) | Request a copy |
|
Text
12191004_notations.pdf Restricted to Repository staff only until 12 January 2026. Download (277kB) | Request a copy |
|
Text
12191004_chapter_1.pdf Restricted to Repository staff only until 12 January 2026. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
12191004_chapter_2.pdf Restricted to Repository staff only until 12 January 2026. Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
12191004_chapter_3.pdf Restricted to Repository staff only until 12 January 2026. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
12191004_chapter_4.pdf Restricted to Repository staff only until 13 January 2026. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
12191004_conclusion.pdf Restricted to Repository staff only until 12 January 2026. Download (521kB) | Request a copy |
|
Text
12191004_bibliography.pdf Restricted to Repository staff only until 12 January 2026. Download (457kB) | Request a copy |
|
Text
12191004_enclosure.pdf Restricted to Repository staff only until 12 January 2026. Download (742kB) | Request a copy |
|
Text
12191004_paper.pdf Restricted to Repository staff only until 12 January 2026. Download (612kB) | Request a copy |
|
Text
12191004_presentation.pdf Restricted to Repository staff only until 12 January 2026. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
12191004_form-TA20.pdf Restricted to Repository staff only until 12 January 2026. Download (280kB) | Request a copy |
Abstract
PT Industri Kereta Api (INKA) perusahaan manufaktur yang memproduksi kereta LRT Jabodebek. Kereta ini dioperasionalkan oleh PT LRT Jakarta. Perusahaan ini belum memiliki gudang penyimpanan komponen perawatan kereta sehingga perlu pengiriman dari gudang PT INKA maupun dari vendor yang memiliki komponen kereta tersebut. PT LRT Jakarta memiliki lahan kosong sebesar 180 ????2 untuk dijadikan gudang penyimpanan komponen perawatan kereta, sehingga perlu usulan rancangan tata letak fasilitas gudang perawatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat rancangan dan usulan tata letak fasilitas gudang yang sesuai dengan komponen perawatan kereta. Metode yang digunakan adalah class based storage untuk menentukan susunan kelas dari setiap komponen, metode rectilinear distance untuk menentukan jarak perpindahan komponen, kecepatan rata-rata untuk menentukan waktu perpindahan komponen, dan ongkos material handling untuk menentukan total biaya material handling. Hasil yang didapat, diketahui kelas A untuk komponen tools, kelas B untuk komponen electrical dan mechanical, dan kelas C untuk komponen chemical, nonchemical, dan change unit. Jarak perpindahan operator sejauh 198,71 m, jarak perpindahan forklift 23,35 m, waktu perpindahan operator 28.196,9 detik, dan waktu perpindahan forklift 2.019,9 detik untuk layout 1, sedangkan untuk layout 2 diketahui jarak perpindahan operator sejauh 197,60 meter, jarak perpindahan forklift 16,12 meter, waktu perpindahan operator 27.889,9 detik, dan waktu perpindahan forklift 963 detik. Ongkos material handling yang didapatkan dari kedua layout tersebut sebesar Rp. 668.821.576. Layout juga mempertimbangkan dimensi rak, dimensi pallet, dimensi forklift, dimensi operator, dimensi pintu, dan luas ruangan setiap komponen. Kesimpulan dari penelitian ini adalah rancangan tata letak fasilitas sesuai berdasarkan kelas dari setiap komponen perawatan kereta dan usulan layout yang dipilih adalah layout 2 dikarenakan jarak perpindahan komponen dan waktu perpindahan komponen lebih kecil dari layout 1. Layout usulan yang sesuai dengan PT LRT Jakarta, dalam melakukan controlling layout menggunakan pendekatan 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, dan Shitsuke) untuk menjaga tata letak fasilitas yang telah dibuat agar tetap rapi, bersih, dan aman
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Jurusan Teknologi Industri dan Proses > Teknik Industri |
Depositing User: | Aditia Aria Maulana |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 03:32 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 03:32 |
URI: | http://repository.itk.ac.id/id/eprint/20935 |
Actions (login required)
View Item |