ARAHAN PENGEMBANGAN FASILITAS PARIWISATA PANTAI MANGGAR, BALIKPAPAN BERDASARKAN KEPUASAN PENGUNJUNG

Mangori, Febriand Madika (2020) ARAHAN PENGEMBANGAN FASILITAS PARIWISATA PANTAI MANGGAR, BALIKPAPAN BERDASARKAN KEPUASAN PENGUNJUNG. Diploma thesis, Institut Teknologi Kalimantan.

[img]
Preview
Text
08151013_cover.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08151013_abstract_id.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
08151013_chapter_1.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text
08151013_chapter_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
08151013_bibliography.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kota Balikpapan memiliki 13 destinasi wisata, 4 destinasi wisata pantai , dan Pantai Manggar merupakan satu-satunya Kawasan Pariwisata Pantai di Kota Balikpapan yang di kelola oleh Pemerintah Daerah Kota Balikpapan. Berdasarkan RTRW Kota Balikpapan tahun 2012-2032 dijelaskan bahwa Pantai Manggar diarahkan menjadi pusat Kawasan pariwisata Pantai Kota Balikpapan. Pantai ini memiliki Luasan lahan sekitar 13.000 m2. Pantai Manggar pada tahun 2019 mengalami penurunan pengunjung sebanyak 20% pada 6 bulan pertama. Selain itu pantai manggar belum memenuhi 7 dari 19 standar fasilitas pariwisata menurut PP nomor 50 tahun 2011 tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Nasional. Kedua faktor tadi, yaitu tingkat kepuasan dan fasilitas ternyata memiliki kaitan, dimana fasilitas yang memadai dapat meningkatkan kepuasan pengunjung sehingga dapat memiliki keinginan untuk berkunjung kembali. Sasaran yang ingin dicapai pada penelitian ini yaitu 1) Menganalisis tingkat kepuasan pengunjung pantai manggar terkait fasilitas 2) Menentukan faktor prioritas dalam pengembangan fasilitas pantai manggar 3) Merumuskan arahan dalam pengembangan fasilitas pariwisata pantai manggar berdasarkan kepuasan pengunjung. Berdasarkan studi pustaka, didapatkan 26 variabel yang dapat mempengaruhi tingkat kepuasan pengunjung dan menjadi variabel penelitian. Adapun metode analisis yang digunakan yaitu Analisis CSI, IPA dan Analisis Deskriptif-Komparatif. Berdasarkan analisis CSI diketahui bahwa tingkat kepuasan pengunjung pantai manggar secara keseluruhan yaitu sebesar 59,2 % atau berada pada skala cukup puas. Adapun variabel yang menjadi prioritas dalam pengembangan fasilitas pariwisata pantai manggar ini adalah rumah makan, klinik, tempat sampah, dan peta lokasi wisata. Adapun arahan yang diberikan untuk pengembangan fasilitas Pariwisata Pantai Manggar adalah Peningkatan Kualitas fasilitas rumah makan di Pantai Manggar, Peningkatan kualitas pelayanan Fasilitas kesehatan di Pantai Manggar, Peningkatan kuantitas dan kualitas Pelayanan Fasilitas Persampahan di Pantai Manggar dan Peningkatan Pelayanan Fasilitas Informasi tentang Pantai Manggar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > Perencanaan Wilayah dan Kota
Depositing User: Admin Perpustakaan ITK
Date Deposited: 19 Mar 2020 06:36
Last Modified: 06 Dec 2021 06:09
URI: http://repository.itk.ac.id/id/eprint/223

Actions (login required)

View Item View Item