Putri, Taliya (2025) Penerapan Algoritma SMOTE-ENN dalam Klasifikasi Status Gizi Balita Menggunakan K-Nearest Neighbor - Submit Barekeng, Journal of Mathematics and Its Application. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.
Text
02211020_abstract_en.pdf Restricted to Repository staff only until 26 April 2027. Download (258kB) | Request a copy |
|
Text
02211020_abstract_id.pdf Download (256kB) |
|
Text
02211020_approval_sheet.pdf Download (315kB) |
|
Text
02211020_bibliography.pdf Download (632kB) |
|
Text
02211020_chapter_1.pdf Restricted to Repository staff only until 26 April 2027. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
02211020_chapter_2.pdf Restricted to Repository staff only until 26 April 2027. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
02211020_chapter_3.pdf Restricted to Repository staff only until 26 April 2027. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
02211020_chapter_4.pdf Restricted to Repository staff only until 26 April 2027. Download (6MB) | Request a copy |
|
Text
02211020_conclusions.pdf Restricted to Repository staff only until 26 April 2027. Download (285kB) | Request a copy |
|
Text
02211020_cover.pdf Download (377kB) |
|
Text
02211020_enclosure.pdf Restricted to Repository staff only until 26 April 2027. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
02211020_illustrations.pdf Restricted to Repository staff only until 26 April 2027. Download (222kB) | Request a copy |
|
Text
02211020_notations.pdf Restricted to Repository staff only until 26 April 2027. Download (296kB) | Request a copy |
|
Text
02211020_paper.pdf Restricted to Repository staff only until 26 April 2027. Download (994kB) | Request a copy |
|
Text
02211020_preface.pdf.pdf Download (529kB) |
|
Text
02211020_publishing_agreement.pdf Download (383kB) |
|
Text
02211020_statement_of_authenticity.pdf Download (313kB) |
|
Text
02211020_table_of_content.pdf Restricted to Repository staff only until 26 April 2027. Download (439kB) | Request a copy |
|
Text
02211020_tables.pdf Restricted to Repository staff only until 26 April 2027. Download (366kB) | Request a copy |
|
Text
02211020_presentation.pdf Restricted to Repository staff only until 26 April 2027. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
02211020_Form. TA-020.pdf Restricted to Repository staff only until 26 April 2027. Download (231kB) | Request a copy |
|
Text
02211020_cover1.pdf Download (24kB) |
Abstract
Masalah gizi pada balita memiliki dampak signifikan terhadap pertumbuhan, perkembangan, dan kesehatan jangka panjang, terutama di Indonesia. Salah satu dampak serius dari kekurangan gizi yang berkelanjutan adalah stunting yang menunjukkan kekurangan gizi kronis pada anak-anak. Masa lima tahun pertama seorang anak sangat krusial untuk perkembangannya di masa depan. Oleh karena itu, penting bagi orang tua di Indonesia untuk memastikan anak-anak mereka mendapatkan nutrisi yang baik demi pertumbuhan yang optimal. Untuk mengatasi dan memonitor status gizi balita, diperlukan metode yang akurat dan mudah diaplikasikan oleh profesional kesehatan. Dalam penelitian ini, digunakan metode klasifikasi k-Nearest Neighbors (k-NN) untuk mengkategorikan status gizi balita, yang didasarkan pada kemiripan kasus baru dengan data training. Namun, karena adanya ketidakseimbangan kelas dalam data, diterapkan teknik resampling SMOTE (Synthetic Minority Oversampling Technique) dan ENN (Edited Nearest Neighbors). Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode k-NN dipadukan dengan SMOTE-ENN dalam mengkategorikan status gizi balita yang menghasilkan akurasi 0.7–0.9 sebelum SMOTE-ENN dan > 0.9 setelah SMOTE-ENN, dengan ROC-AUC konsisten > 0.9. Model terbaik diperoleh pada ???? = 1 dengan akurasi dan AUC = 1 pada proporsi 75:25, 80:20, dan 85:15 setelah SMOTE-ENN.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics Q Science > QM Human anatomy |
Divisions: | Jurusan Matematika dan Teknologi Informasi > Matematika |
Depositing User: | Taliya Putri |
Date Deposited: | 14 Jan 2025 06:59 |
Last Modified: | 14 Jan 2025 06:59 |
URI: | http://repository.itk.ac.id/id/eprint/22377 |
Actions (login required)
View Item |