OPTIMASI PELAYANAN PELABUHAN DENGAN METODE AHP (ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS): STUDI KASUS PELABUHAN SEMAYANG BALIKPAPAN

Natasya, Della (2025) OPTIMASI PELAYANAN PELABUHAN DENGAN METODE AHP (ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS): STUDI KASUS PELABUHAN SEMAYANG BALIKPAPAN. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.

[img] Text
14201009_Cover.pdf.pdf
Restricted to Registered users only until 7 April 2027.

Download (38kB) | Request a copy
[img] Text
14201009_statement_of_authenticity.pdf.pdf
Restricted to Registered users only until 7 April 2027.

Download (75kB) | Request a copy
[img] Text
14201009_publishing_agreement.pdf.pdf
Restricted to Registered users only until 7 April 2027.

Download (10kB) | Request a copy
[img] Text
14201009_approval_sheet.pdf.pdf
Restricted to Registered users only until 7 April 2027.

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text
14201009_preface.pdf.pdf
Restricted to Registered users only until 7 April 2027.

Download (60kB) | Request a copy
[img] Text
14201009_abstract_id.pdf.pdf
Restricted to Registered users only until 7 April 2027.

Download (9kB) | Request a copy
[img] Text
14201009_abstract_en.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 April 2027.

Download (7kB) | Request a copy
[img] Text
14201009_table_of_content.id.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 April 2027.

Download (44kB) | Request a copy
[img] Text
14201009_illustrations.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 April 2027.

Download (30kB) | Request a copy
[img] Text
14201009_tables.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 April 2027.

Download (29kB) | Request a copy
[img] Text
14201009_notations.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 April 2027.

Download (138kB) | Request a copy
[img] Text
14201009_chapter_1.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 April 2027.

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text
14201009_chapter_2.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 April 2027.

Download (422kB) | Request a copy
[img] Text
14201009_chapter_3.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 April 2027.

Download (613kB) | Request a copy
[img] Text
14201009_chapter_4.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 April 2027.

Download (649kB) | Request a copy
[img] Text
14201009_conclusions.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 April 2027.

Download (84kB) | Request a copy
[img] Text
14201009_bibliography.pdf.pdf
Restricted to Registered users only until 7 April 2027.

Download (24kB) | Request a copy
[img] Text
14201009_enclosure.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 April 2027.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
14201009_paper.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 April 2027.

Download (426kB) | Request a copy
[img] Text
14201009_Form. TA-020.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 April 2027.

Download (97kB) | Request a copy
[img] Text
14201009_presentation.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 April 2027.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Pelabuhan merupakan lokasi yang memiliki batasan tertentu dan berfungsi sebagai tempat berlabuh, membongkar, serta memuat penumpang dan barang, dilengkapi dengan peralatan keamanan maritim. Sebagai pusat aktivitas logistik, pelabuhan menawarkan berbagai layanan yang menjadi sumber keuntungan, yang mencakup pemenuhan standar pelayanan, peningkatan kualitas operasional, dan evaluasi kinerja. Penurunan kualitas pelayanan pelabuhan dapat berdampak pada berbagai aspek, seperti inovasi yang terbatas dan pemborosan fasilitas. Oleh karena itu, penting untuk melakukan evaluasi berkala terhadap pelayanan pelabuhan agar tetap memenuhi standar yang ditetapkan. Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) merupakan alat yang efektif dalam pengambilan keputusan untuk menilai berbagai kriteria yang mempengaruhi kualitas pelayanan pelabuhan secara menyeluruh. AHP memungkinkan pemodelan hierarki kriteria serta pengukuran bobot relatif antar kriteria tersebut. Di sisi lain, konsep Balanced Scorecard juga dapat digunakan untuk mengukur kinerja pelabuhan dengan memperhitungkan perspektif keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, serta pertumbuhan dan pembelajaran. Penelitian sebelumnya telah menerapkan AHP untuk menganalisis kualitas pelayanan pelabuhan, termasuk risikonya. Salah satu contoh penerapan AHP adalah pada Pelabuhan Semayang Balikpapan, yang perlu dilakukan evaluasi dan optimasi pelayanan untuk meningkatkan kinerja operasional, sesuai dengan temuan penelitian yang menunjukkan adanya kebutuhan akan perbaikan. Kata Kunci : Pelabuhan Semayang, Balikpapan, Optimasi, AHP, Balanced Scorecard

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Jurusan Sains, Teknologi Pangan, dan Kemaritiman > Teknik Kelautan
Depositing User: Della Natasya
Date Deposited: 16 Jan 2025 06:14
Last Modified: 16 Jan 2025 06:14
URI: http://repository.itk.ac.id/id/eprint/22448

Actions (login required)

View Item View Item