Jannah, Siti Nur (2025) PERANCANGAN POLA PARKIR MENGGUNAKAN PEMODELAN SIMULASI SISTEM DISKRIT DI INSTITUT TEKNOLOGI KALIMANTAN. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.
![]() |
Text
12211083_cover.pdf Restricted to Repository staff only until 4 January 2027. Download (126kB) | Request a copy |
![]() |
Text
12211083_cover.pdf Restricted to Repository staff only until 4 January 2027. Download (126kB) | Request a copy |
![]() |
Text
12211083_statement_of_authenticity.pdf Restricted to Repository staff only until 4 January 2027. Download (243kB) | Request a copy |
![]() |
Text
12211083_publishing_agreement.pdf Restricted to Repository staff only until 4 January 2027. Download (435kB) | Request a copy |
![]() |
Text
12211083_approval_sheet.pdf Restricted to Repository staff only until 4 January 2027. Download (339kB) | Request a copy |
![]() |
Text
12211083_preface.pdf Restricted to Repository staff only until 4 January 2027. Download (431kB) | Request a copy |
![]() |
Text
12211083_abstract_id.pdf Restricted to Repository staff only until 4 January 2027. Download (339kB) | Request a copy |
![]() |
Text
12211083_abstract_en.pdf Restricted to Repository staff only until 4 January 2027. Download (426kB) | Request a copy |
![]() |
Text
12211083_table_of_content.pdf Restricted to Repository staff only until 4 January 2027. Download (426kB) | Request a copy |
![]() |
Text
12211083_illustrations.pdf Restricted to Repository staff only until 4 January 2027. Download (435kB) | Request a copy |
![]() |
Text
12211083_tables.pdf Restricted to Repository staff only until 4 January 2027. Download (542kB) | Request a copy |
![]() |
Text
12211083_notations.pdf Restricted to Repository staff only until 4 January 2027. Download (480kB) | Request a copy |
![]() |
Text
12211083_chapter_1.pdf Restricted to Repository staff only until 4 January 2027. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
12211083_chapter_2.pdf Restricted to Repository staff only until 4 January 2027. Download (982kB) | Request a copy |
![]() |
Text
12211083_chapter_3.pdf Restricted to Repository staff only until 4 January 2027. Download (904kB) | Request a copy |
![]() |
Text
12211083_chapter_4.pdf Restricted to Repository staff only until 4 January 2027. Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
12211083_conclusions.pdf Restricted to Repository staff only until 4 January 2027. Download (477kB) | Request a copy |
![]() |
Text
12211083_bibliography.pdf Restricted to Repository staff only until 4 January 2027. Download (349kB) | Request a copy |
![]() |
Text
12211083_presentation.pdf Restricted to Repository staff only until 4 January 2027. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
12211083_paper.pdf Restricted to Repository staff only until 4 January 2027. Download (774kB) | Request a copy |
![]() |
Text
12211083_Form. TA-020.pdf Restricted to Repository staff only until 4 January 2027. Download (350kB) | Request a copy |
Abstract
Keterbatasan lahan parkir yang tersedia menjadi masalah tersendiri bagi mahasiswa di ITK. Mahasiswa kesulitan dan membutuhkan waktu untuk mencari tempat parkir, sehingga menyebabkan mahasiswa memarkirkan kendaraannya di sembarang tempat dan menyebabkan rusaknya kendaraan karena penempatan motor yang berdempetan, serta sempitnya gang motor mengakibatkan sulitnya kendaraan masuk dan keluar di area parkir sehingga menyebabkan kemacetan di area parkir. Penelitian ini bertujuan untuk merancang pola parkir dan skenario arus lalu lintas yang paling efisien untuk area parkir di lingkungan kampus, khususnya pada gedung perkuliahan E, F, dan G. Analisis pemrograman linier, pola parkir dengan sudut 30° terbukti memberikan kapasitas maksimal karena memerlukan luas ruang yang lebih kecil per kendaraan, sehingga direkomendasikan untuk parkir paralel. Pola tulang ikan sudut 45° tipe A direkomendasikan untuk area parkir pulau karena efisiensinya dalam penggunaan ruang, kemudahan manuver kendaraan dan kesesuaiannya dengan standar teknis. Skenario 3 terpilih sebagai skenario pengaturan arus lalu lintas, dimana skenario ini memisahkan jalur masuk dan keluar serta menambahkan area buffer, paling efektif dalam mengurangi waktu tunggu kendaraan di gedung E, F dan G. Area parkir E, waktu tunggu kendaraan untuk masuk turun sebesar 89,15%, dan waktu tunggu untuk keluar turun sebesar 99,19%. Area parkir F1, waktu tunggu masuk berkurang sebesar 85,48%, sedangkan waktu tunggu keluar turun sebesar 98,67%. Area parkir F2, penurunan waktu tunggu masuk sebesar 86,31%, dan waktu tunggu keluar berkurang sebesar 98,63%. Area parkir G, terjadi penurunan waktu tunggu masuk sebesar 92,22% dan waktu tunggu keluar sebesar 99,35%.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > T Technology (General) > T201 Patents. Trademarks |
Divisions: | Jurusan Teknologi Industri dan Proses > Teknik Industri |
Depositing User: | Siti Nur Jannah |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 05:55 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 05:55 |
URI: | http://repository.itk.ac.id/id/eprint/22518 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |