PERANCANGAN POLA PARKIR MENGGUNAKAN PEMODELAN SIMULASI SISTEM DISKRIT DI INSTITUT TEKNOLOGI KALIMANTAN

Jannah, Siti Nur (2025) PERANCANGAN POLA PARKIR MENGGUNAKAN PEMODELAN SIMULASI SISTEM DISKRIT DI INSTITUT TEKNOLOGI KALIMANTAN. Bachelor thesis, Institut Teknologi Kalimantan.

[img] Text
12211083_cover.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 January 2027.

Download (126kB) | Request a copy
[img] Text
12211083_cover.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 January 2027.

Download (126kB) | Request a copy
[img] Text
12211083_statement_of_authenticity.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 January 2027.

Download (243kB) | Request a copy
[img] Text
12211083_publishing_agreement.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 January 2027.

Download (435kB) | Request a copy
[img] Text
12211083_approval_sheet.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 January 2027.

Download (339kB) | Request a copy
[img] Text
12211083_preface.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 January 2027.

Download (431kB) | Request a copy
[img] Text
12211083_abstract_id.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 January 2027.

Download (339kB) | Request a copy
[img] Text
12211083_abstract_en.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 January 2027.

Download (426kB) | Request a copy
[img] Text
12211083_table_of_content.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 January 2027.

Download (426kB) | Request a copy
[img] Text
12211083_illustrations.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 January 2027.

Download (435kB) | Request a copy
[img] Text
12211083_tables.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 January 2027.

Download (542kB) | Request a copy
[img] Text
12211083_notations.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 January 2027.

Download (480kB) | Request a copy
[img] Text
12211083_chapter_1.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 January 2027.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
12211083_chapter_2.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 January 2027.

Download (982kB) | Request a copy
[img] Text
12211083_chapter_3.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 January 2027.

Download (904kB) | Request a copy
[img] Text
12211083_chapter_4.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 January 2027.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
12211083_conclusions.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 January 2027.

Download (477kB) | Request a copy
[img] Text
12211083_bibliography.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 January 2027.

Download (349kB) | Request a copy
[img] Text
12211083_presentation.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 January 2027.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
12211083_paper.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 January 2027.

Download (774kB) | Request a copy
[img] Text
12211083_Form. TA-020.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 January 2027.

Download (350kB) | Request a copy

Abstract

Keterbatasan lahan parkir yang tersedia menjadi masalah tersendiri bagi mahasiswa di ITK. Mahasiswa kesulitan dan membutuhkan waktu untuk mencari tempat parkir, sehingga menyebabkan mahasiswa memarkirkan kendaraannya di sembarang tempat dan menyebabkan rusaknya kendaraan karena penempatan motor yang berdempetan, serta sempitnya gang motor mengakibatkan sulitnya kendaraan masuk dan keluar di area parkir sehingga menyebabkan kemacetan di area parkir. Penelitian ini bertujuan untuk merancang pola parkir dan skenario arus lalu lintas yang paling efisien untuk area parkir di lingkungan kampus, khususnya pada gedung perkuliahan E, F, dan G. Analisis pemrograman linier, pola parkir dengan sudut 30° terbukti memberikan kapasitas maksimal karena memerlukan luas ruang yang lebih kecil per kendaraan, sehingga direkomendasikan untuk parkir paralel. Pola tulang ikan sudut 45° tipe A direkomendasikan untuk area parkir pulau karena efisiensinya dalam penggunaan ruang, kemudahan manuver kendaraan dan kesesuaiannya dengan standar teknis. Skenario 3 terpilih sebagai skenario pengaturan arus lalu lintas, dimana skenario ini memisahkan jalur masuk dan keluar serta menambahkan area buffer, paling efektif dalam mengurangi waktu tunggu kendaraan di gedung E, F dan G. Area parkir E, waktu tunggu kendaraan untuk masuk turun sebesar 89,15%, dan waktu tunggu untuk keluar turun sebesar 99,19%. Area parkir F1, waktu tunggu masuk berkurang sebesar 85,48%, sedangkan waktu tunggu keluar turun sebesar 98,67%. Area parkir F2, penurunan waktu tunggu masuk sebesar 86,31%, dan waktu tunggu keluar berkurang sebesar 98,63%. Area parkir G, terjadi penurunan waktu tunggu masuk sebesar 92,22% dan waktu tunggu keluar sebesar 99,35%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T201 Patents. Trademarks
Divisions: Jurusan Teknologi Industri dan Proses > Teknik Industri
Depositing User: Siti Nur Jannah
Date Deposited: 02 Jul 2025 05:55
Last Modified: 02 Jul 2025 05:55
URI: http://repository.itk.ac.id/id/eprint/22518

Actions (login required)

View Item View Item